Iklan diatas header

Loading...

Cara Mudah Membuat Flashdisk Bootable Semua Sistem Operasi


A. Pengertian Bootable atau Booting 
Bootable merupakan sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana ditempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya. Mengapa dinamakan dengan bootable? Karena sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan. Booting yang dilakukan harus melalui tahapan-tahapan yang benar, misalnya saat akan mengatur pengaturan pada BIOS. 


Pada  BIOS tentunya harus ditentukan sesuai dengan media apa yang akan digunakan nantinya, apakah itu Harddisk, CD/DVD ROM, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Pengaturan seperti itu dapat dilakukan pada menu boot kemudian set boot order setelah itu tinggal atur first boot atau booting awal.

B. Pengertian Universal USB Installer
Universal USB Installer adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menjadikan USB flash drive (flashdisk, memory stick dan yang lainnya) sebagai media booting untuk menjalankan dan menginstall sistem operasi ke komputer.

Universal USB Installer bersifat free dan portable sehingga dapat kita jalankan tanpa harus menginstallnya.

C. Membuat USB Bootable 
Kali ini kita menggunakan Universal USB Installer. Software ini bisa dibilang cukup lengkap untuk membuat bootable dan banyak pilihan sistem operasi yang akan di boot. sobat bisa download DISINI. Baiklah mari kita mulai installasinya:

1. Double klik software instalasinya, maka akan keluar menu dialog berikut, lalu sobat pilih "I Agree"

2. Merah : disitu anda disuruh memilih Sistem Operasi apa yg akan anda buat menjadi bootable.Banyak pilihannya anda bisa tarik scroll nya kebawah. untuk SO windows ada di bawah.



  •     Kuning : disitu anda disuruh mencari dimana file ISO/CD Master  dari sistem operasi yang akan anda boot.
  •     Hijau : Untuk memilih flashdisk yang akan digunakan , disana ada pilihan apakah anda akan memformat seluruh isi secara langsung, jika iya centang "we will format..." Lalu klik Create.


3. Maka akan muncul menu dialog baru, klik Yes.

4. Tunggu sampai prosses selesai.

5. Proses selesai, dan flash disk anda sudah menjadi bootable.

Gimana? mudah bukan. Demikian tutorial singkat dari admin, semoga ada manfaatnya.Silahkan beri komntar dan saran pada kolom komentar jika ada kesalahan dalam penulisan karna itu membantu admin dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Flashdisk Bootable Semua Sistem Operasi"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel