Iklan diatas header

Loading...

Cara Install Netbeans IDE di Windows 100% berhasil

         
Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram  Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API). Kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (package). Java API telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan aplikasi canggih. Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam Java, yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada Java API. Kelas merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program, tidak ada cara lain. Pada Java program javac untuk mengkompilasi file kode sumber Java menjadi kelas-kelas bytecode. File kode sumber mempunyai ekstensi *.java. Kompilator javac menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama sistem Java yang digunakan aplikasi Java dan menjalankan program bytecode Java.

Beberapa keunggulan java yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java tidak menyediakan fitur-fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan manual, sekarang digantikan dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori. Bagi pemrogram yang sudah mengenal bahasa C++ akan cepat belajar susunan bahasa Java namun harus waspada karena mungkin Java mengambil arah (semantiks) yang berbeda dibanding C++.

Java merupakan bahasa berorientasi objek (OOP) yaitu cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai kelompok objek yang saling berinteraksi. Deskripsi ringkas OOP adalah mengorganisasikan program sebagai kumpulan komponen, disebut objek. Objek-objek ini ada secara independen, mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat jalan, program menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan. Untuk lebih lengkap nya seputar Java bisa baca artikel Pengertian Sejarah, Kelemahan serta Kelebihan Pemrograman Java

A. Cara Install Netbeans IDE :

1. Pertama tama kita siapkan file installasi nya terlebih dahulu, jika teman-teman belum punya bisa di download disini ,pilih yang compatible dengan PC temen-temen. Jangan lupa centang Accept License Agreement baru download file nya. click here to download

JDK (Java Development Kit) adalah Paket fungsi API untuk bahasa pemrograman Java, meliputi Java Runtime Environment (JRE) dan Java Virtual Machine (JVM). JDK adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). JDK wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java, namun tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun dengan java. Tanpa adanya JDK maka kode-kode java sudah di buat tidak akan bisa di jadikan aplikasi berbasis Java. Sedangkan JRE mempunyai kepanjangan Java Runtime Environtment  yang merupakan komponen utama yang bertugas untuk menjalankan aplikasi berbasis Java. Aplikasi java dapat berjalan di suatu perangkat komputer apabila di perangkat komputer tersebut sudah terinstal JRE. Kedua komponen utama penyusun dalam pembuatan aplikasi java ini dapat di download secara gratis pada situs resmi Oracle

cara install java NetBeans di Windows

2. Setelah file instalan terdownload, klik 2x file instalan tersebut ,maka akan muncul jendela baru. Klick Next.
cara install java NetBeans di Windows

3. Pada bagian ini jangan lupa pilih "i accept the bla..bla.." lalu Next kan saja.
cara install java NetBeans di Windows

4. Setelah itu muncul jendela baru yang berisi dimana file instalan berada dan diman file akan di install. biarkan ini secara default. lalu klik Next.
cara install java NetBeans di Windows

5. Pada bagian ini temen-temen di kasih pilihan apakah mau mendapat update dari oracle atau tidak? jika iya biarkan cek for update tercentang, jika tidak jangan di centang.
cara install java NetBeans di Windows

6. Selanjutnya proses instalasi akan berlangsung, temen-temen bisa ngopi2 dulu makan2 dulu tidur2 dulu..hahaha..becanda :D biar ga terlalu serius :D
cara install java NetBeans di Windows

7. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul menu dialog baru, temen-temen dikasih pilihan lagi apakah mau berkontribusi atau tidak? jika tidak hapus centangnya. Lalu klik Finish.
cara install java NetBeans di Windows

8. Sekarang kita Konfigurasi path nya. Coba buka CMD lalu ketikkan "javac" tanpa tanda petik.
disini java nya belum recognized.maka kita harus konfigurasi, beikut caranya:
cara install java NetBeans di Windows

9. Tekan logo windows+E, lalu klik kanan komputer lalu pilih properties.
cara install java NetBeans di Windows

10. Maka akan tampil menu dialog baru. lihat kiri jendela pilih "Advanced System Settings".
cara install java NetBeans di Windows

11. Maka akan terbuka jendela baru, lalu pilih "Enviroment Variables.."
cara install java NetBeans di Windows

12. Disystem Variables cari Path lalu klik Edit.Biarkan variable name dengan nama Path, yang kita tambahkan di Variable Value, kemudian kita copy kan alamat dimana file yg sudah terinstall terletak.Jangan lupa beri tanda ; "KUTIP KOMA" lalu klik OK.
contoh : ;C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.8.0_40\bin;
cara install java NetBeans di Windows

13. Restart PC temen-temen dahulu, setelah itu buka kembali CMD dan ketikkan "javac" tanpa tanda petik.bila berhasil akan tampil seperti gambar di bawah.
cara install java NetBeans di Windows

14. Sekarang teman-teman bisa jalankan applikasi javanya.
cara install java NetBeans di Windows

cara install java NetBeans di Windows

Demikianlah cara menginstall dan konfigurasi java, semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahn dalam penulisan admin minta maaf dan temen-temen bisa beri saran  atau komentar kepada admin.selamat ngoding ya :D Terimakasih sudah mampir.

0 Response to "Cara Install Netbeans IDE di Windows 100% berhasil"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel