Iklan diatas header

Loading...

Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows

Sebelumnya mimin udah ngepost tentang cara mudah install ubuntu 14.04 yang full ubuntu, nah kali ini yang dual boot. Apa sih itu dual boot? nah dual boot itu secara sederhananya adalah ada dua buah sistem operasi dalam satu pc/laptop, jadi saat kita menghidupkan pc kita bisa memilih sistem operasi yang ingin kita gunakan. Sistem operasi yg dapat di jadikan dual boot adalah LINUX, kenapa? karena linux itu bisa jalan dimana saja asal ada ruang baginya ^^ itulah kehebatan linux ^^. 

                               
Ngomongin soal dual boot, mimin pertama kali mencoba metode ini saat masih SMK. Waktu itu mimin kombinasi windows xp dengan open suse. Nah ternyata peristiwa itu dibutuhkan lagi ketika semester 1 di universitas. Karena mimin udah pernah ngalami jadi temen2 pada nanyain dan sebisa mungkin membantu. Oleh karena itu mimin share lah tutorial ini untuk sobat blogger yang ingin mencoba menggunakan linux untuk belajar sebelum full linux.


Tanpa berpanjang lebar, karena percuma lebar-lebar ga bakal dibaca yg  diatas ^^ heheh. yuk kita mulai installasinya.

1. Pertama kita buat dulu partisi untuk linuxnya.caranya: Klik Kiri pada My Computer lalu klik Manage.
Dual boot ubuntu dengan windows

2. Maka akan muncul jendela Computer Management. Klik Storage>>Disk Management. Lalu klik kanan pada disk yg ingin di bagi partisinya, Klik Shrink Volume..

3. Maka akan muncul jendela baru. isikan berapa partisi yang dibutuhkan untuk linux yang akan digunakan pada "Enter the amount of space.." Disini saya buat 50000MB=50gb. Lalu klik Shrink. Maka partisi sudah selesai dibuat.

4. Restart pc/laptop sobat, lalu masukkan CD/USB Master Linux Ubuntu nya.Baca juga cara bootable flashdisk usahakan anda sudah mengatur first boot nya terlebih dahulu agar kebaca.

  • F2/F10/F12 atau DEL untuk masuk bios. Lalu pilih menu BOOT>>pilih Boot Device Priority >>pada first boot enter dan pilih CDROM jika menggunakan CDROM, jika memakai flasdisk pilih JetFlash Transcend.lalu klik EXIT.dan jangan lupa Save and Change. Ini tergantung jenis bios teman2.

Cara install ubuntu dengan windows dual boot

5. Kemudian klik Continue aja. karena ini hanya pemberitahuan tentang device kita saja.

6. Sekarang kita mengatur type instalasi yg akan kita gunakan.

  • Install ubuntu alongside Microsoft xp ...: cara ini akan otomatis menginstall linux pada partisi yang kita sediakan tadi.
  • Something else : cara ini kita mengatur partisi sendiri. disarankan menggunakan something else.itu terserah sobat sih. ingin yg praktis atau yang pro ^^ .. keduanya bisa kok. 


7. Jika sobat memilih something else, setting partisinya. pertama kita buat dulu swap area nya. pilih partisi yang kita buat tadi lalu klik tanda (+). lihat gambar. sebenarnya tidak jauh beda dengan yg full linux.cara install linux ubuntu 14.04 LTS

8. Kemudian klik lagi tanda (+) untuk menambah partisi baru. isi size sesuai yang dibutuhkan.disini saya hanya membuat 9gb. tapi jika anda bertujuan untuk belajar sebaiknya lebih besar dari ini diatas 20-50gb sudah cukup. format yang lain sesuai gambar.

9. Setelah selesai letakkan pada /dev/sda dengan mengkliknya.lalu klik Install Now.

10. Kemudian atur zona waktu sobat, sesuai dimana sobat berada :D ketikkan saja nama kota/prov

11. Atur settingan keyboard yang sobat gunakan. saran saya biarkan default Englih lalu klik Continue.

12. Isikan nama, nama komputer, dan password anda. lalu klik continue.

13. Maka proses instalasi pun berlangsung. biarkan berlalu sobat bisa ngopi-ngopi dulu ^^

13. Jika sudah selesai maka akan tampil perintah restart pc. Sobat bisa restart pc nya. Tapi jangan langsung mencabut/ mengeluarkan cd/usb master nya.biarkan saja ^^


14. Jika sudah tampil seperti ini sobat bisa pilih mau makai ubuntu atau windows. caranya tekan arah atas bawah pada keyboard. lalu enter.

15. Jika anda memilih ubuntu dah sudah masuk pada tampilan ubuntu berarti sobat berhasil menginstall linuxnya ^^

16.  Jika tiba2 sobat masuk ke ubuntu langsung tanpa ada pilihan ga usah takut. berarti grub anda belum di update. caranya buka terminal  CTRL+T atau klik icon ubuntu lalu ketikkan terminal.
jika sudah ketik SUDO SU masukkan pasword sobat blogger enter. Lalu ketikan  Sudo update-grub lalu ENTER. Coba restart sambil do'a semoga tampil ^^

Yahh..demikianlah tutorial nya, sebenarnya tidah jauh beda dengan yang stand alone full linux dengan dual boot cara instalasinya.yang terpenting sobat tau dasar2 nya. semoga sobat bisa betah dengan linuxnya ^^.semoga bermanfaat. dan apabila ada kesalahan dan kekurangan sobat bisa beri komentar.terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows "

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel