Iklan diatas header

Loading...

Cara Cepat Install dan Setting Port XAMPP di Windows

A. Pengertian Xampp
xampp adalah sebuah perangkat lunak bebas (free software) yang bisa di jalankan di semua sistem operasi,yang merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsi Xampp itu sendiri adalah sebagai server local yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri dari beberapa program diantaranya: Apache, MySQL dan penerjemah bahasa yang di tulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nah itu dia penjelasan singkat mengenai Xampp. 

B. Fungsi Xampp
Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah untuk digunakan yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya XAMPP anda dapat mendownload langsung dari web resminya. Dan berikut beberapa definisi program lainnya yang terdapat dalam XAMPP.


Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.


phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.

Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.

phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data baru, dan mengelolanya.

Setelah mengetahui xampp itu sendiri sekarang kita mulai instalasainya, sebelunya sobat blogger bisa download apps nya di https://www.apachefriends.org/download.html pilih sesuai sistem operasi dan bit yang komputer anda gunakan. Setelah selesai dengan downloadnya, silahkan klik 2x.

1. Klik 2kali xampp yang di download tadi. Maka akan muncul menu pilihan bahasa, silahkan pilih bahasa yang dimengerti ^^. Lalu klik OK.
cara instal xampp

2. Klik next untuk melanjutkan.
cara install xampp

3. Silahkan pilih componen yang ingin diinstall. kemudian klik next.
cara install xampp

4. Silahkan pilih lokasi dimana data instalan akan disimpan, bila sudah klik Install.
cara install xampp

5. Tunggu sampai proses instalasi selesai. bisa sambil ngeteh dulu ^^
cara install xampp

6. Jika sudah selesai klik Finish.
cara install xampp

7. Klik Yes, jika sobat mau memulai menggunakan xampp.
cara install xampp

8. Jika instalan sobat mulus dan tidak ada peringatan sobat bisa klik START pada apache dan mySQL nya. jika tidak, Sobat bisa lihat disana ada pemberitauan dengan tulisan MERAH berarti ada kesalahan. disana di bilang ada masalah dalam PORT 80. Jangan panik dan khawatir, saya akan bantu ^^

9. Klik start, lalu klik yes untuk menjalankan module Apache. begitu juga yang lainnya.

10. Jika port anda bermasalah ikuti langkah berikut: Klik Config >>pilih Apache (httpd.conf)
cara setting port xampp error

11. Cari Listen 80 dan ganti dengan 81
cara setting port xampp error

12. Masih di file yang sama. Cari ServerName localhost:80 ubah menjadi 81 lalu SAVE.
cara setting port xampp error

12. Kemudian klik Config>>pilih Apache(httpd-ssl.conf)
cara setting port xampp error

13. Cari Listen 443 dan ubah menjadi 444
cara setting port xampp error

14.  Masih di file yang sama. Cari VirtualHost_default_:443 ubah menjadi 444
       ServerName localhost:443 menjadi 444  kemudian SAVE.
cara setting port xampp error

15. Sekarang sobat coba klik START pada Apache dan MySQL.
cara setting port xampp error

 16. Selanjutnya buka browser kesayangan sobat lalu ketikkan "localhost:81/xampp" tanpa tanda petik. jika berhasil maka akan tampil seperti berikut.
cara setting port xampp error

Demikian lah tutorial cara install dan setting port xampp di windows, semoga artikel ini bisa membantu sobat sekalian. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan saya mohon maaf. Jika ada pertanyaan dan saran silahkan tinggalkan komntar sobat di klom komntar. semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Cepat Install dan Setting Port XAMPP di Windows "

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel