Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Cara Mudah Mengganti Tema Wordpress Lengkap Dengan Gambar


A. Pengertian Wordpress
WordPress adalah alat blogging gratis dan open source dan sistem manajemen konten (CMS) berbasis PHP dan MySQL, yang berjalan pada layanan web hosting. Fitur termasuk plug-in arsitektur dan sistem template. WordPress digunakan oleh lebih dari 18,9 % dari 10 juta website pada Agustus 2013 WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, pada lebih dari 60 juta situs.

Baca Juga : Cara Menambahkan Plugins di Wordpress

WordPress melalui pendirinya Matt Mullenweg dan Mike Little pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Pada September 2013, versi 3.6 telah diunduh lebih dari 6 juta kali. Versi terakhirnya bisa teman-teman unduh gratis disini Download

Dalam penggunaannya wordpress lebih tepat untuk kalangan profesional yaitu dengan menggunakan beberapa template design yang bisa di download secara gratis atau dengan membeli secara premium. Untuk kamu yang tidak memiliki domain sendiri, kamu juga bisa menggunakan wordpress seperti blogspot dengan menggunakan nama domain namapilihankamu@wordpress.com secara gratis langsung saja daftar disini www.wordpress.com

WordPress sebagai CMS
WordPress pertama kali hadir di tahun 2003 sebagai pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelog oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Pada awalnya wordpress berfokus pada media blog pribadi, dimana konten web diurutkan berdasarkan kronologis. Namun dalam perkembangannya, wordpress berubah dari sekedar blogging platform (hanya untuk membuat blog), menjadi aplikasi CMS yang bisa digunakan untuk membuat website duluar blog, seperti online shop, corporate website, situs edukasi, dll.

Baca Juga : Cara Membuat Menu DropDown di Wordpress

B. Tema
Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari situs WordPress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs. Tema dapat diinstal menggunakan WordPress “Penampilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP. PHP, HTML & CSS ​​kode yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih. Tema atau Themes wordpress tersebar banyak sekali di Internet dari yang gratis sampai yang berbayar.

Cara Mudah Mengganti Tema Wordpress Lengkap Dengan Gambar
1. Pilih Menu Add New dan akan terlihat daftar tema yang disediakan oleh wordpress. Kita dapat melihat terlebih dahulu tampilan dari website sebelum menginstall dengan mengklik preview.
gambar 1: menu appearance



Temen-temen bisa download thema secara gratis di website wordpress

a. Jika sobat ingin menambah/mengupload tema baru yang tidak ada didaftar caranya adalah: Klik Add New

b. Kemudian klik Upload Theme.

c. Pilih file / thema yang sudah di download sebelumnya. kemudian klik Install Now.

d. Jika sudah selesai, sobat bisa melihat preview website sobat sebelum mengactiv kannya. silahkan klik link Live Preview. jika anda suka dengan temanya bisa mengklik Activate.

e. Bila berhasil tampilan tema yang saya gunakan seperti dibawah ini.


Itu dia sedikit bagaimana cara mengganti tema wordpress. semoga bisa membantu teman eman yang lagi bermain dengan wordpress. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya minta maaf, dan silahkan komentar dikolom komentar yang sudah di sediakan. Terimakasih.

8 comments for "Cara Mudah Mengganti Tema Wordpress Lengkap Dengan Gambar"

  1. Good gan, coment balik yaa niairsanita.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sayang ya ane pake blogger dari dulu heheh,nice post gan

    ReplyDelete
  3. Saya kira thema cuma bisa diinstall kalau dihosting sendiri ternyata dihostingnya wordpress bisa toh.

    Asik kalau begini jadi mudah, makasih mas.

    ReplyDelete
  4. mksh kang tutorialnya sangat bermanfaat saya mau coba

    ReplyDelete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

loading...
loading...
loading...