Iklan diatas header

Loading...

Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding


Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding

A. Pengertian Database

Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Baca Juga : Cara Membuat Database di SQL Server

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah.

Baca Juga : Cara Mengambil Data Dan Fungsi SELECT Pada SQL Server 2005

Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS seperti mengolah pendefinisian data, menangani permintaan pengguna untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun media penyimpanan (disk) dan juga menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien. Tujuan utama DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna. Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan, dipelihara dan juga bisa diakses secara efisien. Pertimbangan efisien di sini adalah rancangan struktur data yang kompleks tetapi masih bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya.


Kali ini kita akan membahas tutorial cara membuat table menggunaan Query atau dengan mengetikkan perintah coding untuk membuat database. yap tutorial kali ini kita masih memakai software yang sama yaitu SQL Server 2005 Expreess edition dari Microsoft tentunya. Sudah ga sabaran lagi, yuk kita intip cara pembuatanya,,cekidot…!!! Baca juga artikel cara membuat table tanpa coding dengan GUI atau main klik-klik

Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding

1. Pertama klik kanan pada SQL Server induk, lalu pilih new query atau anda bisa langsung men-klik New Query yang ada disana. Lalu ketikkan “ create databse rumahsakit2 “ lalu klik tombol ceklist yang ada diatas , apabila ada info successfully berary perintah benar dan siap untuk di excecute. Klik excecute. Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding

Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server


2. Setelah database di create. Sekarang kita bikin table “dokter” caranya: klik kana pada DB rumahsakit2 lalu pilih newquery dan ketikkan perintah seperti di gambar berikut:
Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server

3. Sekarang kita bikin table “pasien” caranya sama dengan yang diatas. Lihat gambar berikut:
Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server

4. Sekarang kita buat table obat:
Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server

5. Setelah table selesai dibuat sekarang kita isi table tersebut, caranya klik kanan pada rumahsakit2 lalu pilih new query lalu ketikkan perintah seperti dibawah:
Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server

6. Sekarang mengisi table pasien, caranya sama dengan yang diatas hanya anda tinggal menyesuiakan dengan table yg ada dalam pasien:
6

7. Selanjutnya mengisi table obat, hal ini sama dengan yang di atas:
Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server

8.Sekarang table yang anda buat telah terisi , sekarang kita lihat hasil atau isi yang ada dalam table masing-masing.berikut caranya: “jangan lupa menekan tombol EXECUTE untuk melihat hasilnya.”
Membuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL ServerMembuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL ServerMembuat Table Menggunakan QUERY / CODING dengan SQL Server

Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat buat anda, apabila ada kesalahan dalam kalimat atu pengetikan saya mohon maaf, kita sama-sama belajar dan saling mengkoreksi.Untuk tutorial berikutnya kita tunggu saja kelanjutannya, yang baru saya pelajari sampai disini.Terimakasi sudah berkunjung.

Codeanaksif: Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding

1 Response to "Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding"

  1. dengan coding emang lebih cepet nih buat tabel sql, gak usah klik sana sini

    ReplyDelete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel