Iklan diatas header

Loading...

Membuat Database Rumahsakit Sederhana “gui”

Membuat Database Rumahsakit Sederhana “gui”

A. Pengertian Database
Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Baca Juga : Cara Membuat Database di SQL Server

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah.

Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS seperti mengolah pendefinisian data, menangani permintaan pengguna untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun media penyimpanan (disk) dan juga menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien. Tujuan utama DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna. Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan, dipelihara dan juga bisa diakses secara efisien. Pertimbangan efisien di sini adalah rancangan struktur data yang kompleks tetapi masih bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya.

Baca Juga : Cara Membuat Table di SQL Server dengan coding

apasih maksud gui yang diberi tanda kutip tersebut? maksudnya adalah kita akan membuat database dengan cara mengklik-klik icon saja, tanpa perlu menggunakan coding. Tanap berlama-lama lagi yuk kita simak caranya :

Membuat Database Rumahsakit Sederhana “gui”
1. Pertama buka program SSMS nya. Dan lalkukanlah autentifikasi unuk terhubung ke database. Lalu klik connect. Apabila sudah connect maka kita buat databasenya.caranya klik kana pada “Database” kemudian pilih “NewDatabase” lalu ketikkan nama database pada “database name”, lalu klik OK.

Membuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”


Membuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”

2. Kemudian kita buat table nya.pertama table DOKTER. Pada DB rumahsakit kita klik maka akan tampil entri yg trdapt di dlm rumahsakit, kemudian klik kana pada folder Tabel lalu isilah kolom tersebut dengan attribute yg di perlukan. Lalu SAVE.Membuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”

3. Lakukan seperti yang diatas. Sekarang kita buat table “Pasien” Caranya sama, klik kana pada folder table lalu pilh newtabel da nisi attribute pada pasien. Lihat gambar: Pointing upMembuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”

4. Sekarang kita buat table “OBAT” caranya sama seperti sebelumnya. Jadi ga perlu di jelasin. Pasti bisa dong :D Winking smileMembuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”

5. Nah setelah kita selesai membuat tabelnya sekarang saat nya kita mengisi form dari attribute yang telah kita buat.barikut caranya.Membuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”

6. caranya sama saja,,tinggal pilih table dan open table lalu isi kan datanya.Membuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”
Membuat Database Rumahsakit Sederhana Dengan SQL SEE 2005 “GUI”

Nah itu dia sedkit tutorial cara membuat database menggunakan SQL Server 2005, Semoga bisa membantu temen-temen sekalian. apabila ada salah dalam penulisa saya minta maaf, dan silahkan berikan masukkan dan sarannya atau pertanyyan di kolom komentar yang sudah kami sediakan. berkomntar lah dengan bijak. terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa baca artikel lainnya. sampe jumpa di artikel lainnya. terimakasih ^^ Open-mouthed smile

0 Response to "Membuat Database Rumahsakit Sederhana “gui”"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel