Iklan diatas header

Loading...

Pengertian Debian Server Lengkap Fungsi dan Versinya

Mungkin kalian pernah mendengan nama linux debian, tapi tahukah kalian apa itu Debian dan siapa penemunya serta apa fungsinya? Sebelum kita masuk ke inti pembahasaan, tidak sah rasanya kalau kita memakai sistem tapi kita tidak tahu apa dan siapa pembuatnya.
Pengertian Fungsi dan Versi Debian Server Lengkap
Pengertian Fungsi dan Versi Debian Server Lengkap

Baca Juga : Cara Install Linux Debian 8 Server

A.Pengertian Debian
Debian adalah sistem operasi berbasis open source yang di kembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarelawan yang ingin mengembangkan debian. Sistem Operasi debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga lebih suka disebut dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem Operasi ini yang menggunakan karnel linux yang merupakan salah satu distro paling populer dengan kestabilannya. Rata-rata distro turun dari debian adalah yang paling banyak digunakan di dunia. Contohnya ; ubuntu, Linux Mint dan Bactrack.

Ian Murdock
Picture From http://indonesiahackerevolution.blogspot.co.id/

Siapa Pembuat / Penemu Debian ?
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Mudock seorang mahasiswa dari Universitas Purde Amerika serikat, Pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian sendiri adalah singkatan yang berasal dari kombinasi nama Ian Murdock (sang pembuat debian) dengan mantan kekasihnya Debra Lynn, dan kemudian disingkat menjadi "DEBIAN".

Versi-versi Debian
1.1 Buzz (17 Juni 1998)
1.2 Rex (12 Desember 1996)
1.3 Bo (5 juni 1997)
2.0 Hamm (24 juli 1998)
2.1 Slink (9 Maret 1999)
2.2 Potato (15 Agustus 2000)
3.0 Woody (19 Juli 2002)
3.1 Sarge (6 juni 2005)
4.0 Etch (8 April 2007)
5.0 Lenny (15 Februari 2009)
6.0 Squeeze (6 Februari 2011)
7.0 Wheezy (4 Mei 2013)
8.0 Jessie  (25 April 2015)

B. Fungsi Debian Server
Fungsi debian server, sesuai dengan namanya sebagai server jaringan ntah itu sebagai web server, mai server NTP server dan yang lainnya yang berhubungan dengan server dan jaringan atau pengatur proses jaringan seperti Router, repeater dan yang lainnya. Selain itu debian terkenal dengan kestabilannya dibanding distro lainnya jadi kita bisa memakai atau memaksimalkannya dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah. OS Debian juga berfungsi untuk trouble shooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari network/jaringan.

Nah itu dia yang bisa saya share mengenai salah satu distro populer dari Linux mengenai pengertian, penemu dan fungsinya. semoga bermanfaat dan jika ada tambahan yang belum tertulis di sini bisa anda berikan di komentar untuk kemajuan bersama. dan jangan lupa untuk di share lagi ilmunya ya sobat.Terimakasih. Salam Coding.

0 Response to "Pengertian Debian Server Lengkap Fungsi dan Versinya"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel