Iklan diatas header

Loading...

Membuat Database Kependudukan dengan PHP

A. Pengertian Database
Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Baca JugaCara Membuat Database di SQL Server

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah.

Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS seperti mengolah pendefinisian data, menangani permintaan pengguna untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun media penyimpanan (disk) dan juga menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien. Tujuan utama DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna. Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan, dipelihara dan juga bisa diakses secara efisien. Pertimbangan efisien di sini adalah rancangan struktur data yang kompleks tetapi masih bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya.

Baca JugaCara Mengatasi Error Saat Create New Database

Hallo sobat bacacoding..berikut saya berikan file-file kependudukan_db. Jika sobat membuat database sesuai yang di perintahkan bapak, file ini akan bekerja sangat baik dan manjur kaya obat demam heheh... ^^. Buatlah database yang sebelumnya, bukan yang ada di modul bapak. karena saya membuatnya berdasarkan database sebelumnya. jadi sesuaikan dengan table di database sobat masing2.

Membuat database kependudukan dengan php
Format Database digunakan


Hanya ini yang bisa saya bantu, maaf belum bisa memberi tutor hanya file jadi yg saya beri. Semoga berhasil.. ^^ DOWNLOAD HERE Jangan lupa Share ke yang lain ya ^^.

3 Responses to "Membuat Database Kependudukan dengan PHP "

  1. Thanks bang. Sangat membantu buat tugas saya

    ReplyDelete
  2. It’s an unusual privilege to read quality articles these days. Your article has the qualities of great professionally written content that’s unique, original and interesting. My recent post is Sniper Fury APK

    ReplyDelete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel