Iklan diatas header

Loading...

Cara Konfigurasi TCP/IP di Linux Debian 8 Jessie - VITOR

Cara konfigurasi TCP/IP di Linux Debian 8 Jessie - VITORHallo apa kabar sobat bacacoding semuanya? Semoga kita semua selalu sehat wal'afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aminn.,Gimana puasanya sobat? masih aman dan lancar kan ^^? Alhamdulillah.

Maaf sebelumnya, saya memang sudah lama gak buat tutorial, hmm,,ga lama2 amat sih ^^. maklum kemarin-kemarin lagi sibuk dan padatnya jadwal seta tugas saya yang menggunung.hehehhee.. Nah kali ini saya akan memberikan salah satu tugas saya waktu itu yaitu cara mengkonfigurasi TCP/IP di linux debian 8 (jessie), dimana sebelumnya saya juga sudah memberikan tutorial ini dalam bentuk teks, sobat bisa lihat di daftar isi atau di link berikut clik here. Sobat bisa baca sedikit penjelas dari TCP/IP itu sendiri dibawah ini:

TCP/IP ( Singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang diterjemahkan menjadi Protokol kendali transmisi/Protokol Internet, yang merupakan gabungan dari protocol TCP dan IP sebagai sekelompok protocol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu computer ke computer lain dalam jaringna internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri karena memang protocol ini berupa kumpulan protocol ( protocol suite). Protokol ini  juga merupakan protocol yang paling banyak digunkan saat ini, karena protocol ini mampu bekerja dan diterapkan pada lintas perangkat lunak dalam berbagai system operasi istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.

Ada beberapa Perintah dasar dalam Linux yang harus sobat ketahui diantaranya:

  • cd = adalah perintah yang digunakan untuk masuk kedalam folder/direktori. ex: sobat mau masuk ke direktori etc jadi ketikkan " cd  /etc " tanpa tanda petik. setiap ada folder dan sobat mau mengaksesnya maka gunakan perintah cd.
  • cd.. = adalah perintah yang digunakan untuk keluar folder satu kali/mundur satu kebelakang.
  • cd/  = adalah perintah keluar folder sekaligus/lngsung semua.
  • ls =  adalah perintah yang digunakan untuk melihat isi dari direktori. jadi setiap sobat ingin mengetahui apa isi dari suatu direktori itu gunakan saja perintah ls. carany, tadi kita sudah berada di etc# nah untuk melihat isinya ketikkan saja ls maka akan terlihat isi direktori itu.
  • nano = adalah sebuah text editor, jika ada file yang ingin di edit bisa menggunakan perintah ini ex: " nano  interfaces " 
  • ifconfig = adalah perintah untuk mengetahui devices apa saja yang terpasang di debian server.

Ok..langsung saja kita lihat cara konfigurasinya di bawah ini: soabat bisa atur setinggan video menjadi 720 agar terlihat jelas..selamat menyaksikan. Video Youtube di Bacacoding 

Baca Juga : Cara Konfigrasi FTP Server di Debian 8

Nah gimana sobat mudah kan,,semoga video ini bermanfaat buat temen2 yang lagi belajar linux debian server..di tunggu ya tutorial debian server selanjutnya. jangan lupa share ke temen2 yang lain. terimakasih..Assalamuaialkum.

0 Response to "Cara Konfigurasi TCP/IP di Linux Debian 8 Jessie - VITOR"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel