Iklan diatas header

Loading...

Pengertian Mail Server Lengkap Cara Kerja, Port dan Paket Yang di Gunakan

Pengertian, Cara Kerja, Port dan Paket Yang di Gunakan pada Mail Server
Pengertian, Cara Kerja, Port dan Paket Yang di Gunakan pada Mail Server | E-mail merupakan sebuah layanan pengiriman surat elektronik yang di kirim melalui internet. E-mail dikirim dari suatu alamat e-mail yang terdapat pada sebuah mail server kepada alamat e-mail yang lainnya yang terdapat pada mail server yang sama maupun pada mail server yang berbeda.

Baca juga: Tutorial Konfigurasi Mail Server

E-mail dapat dianalogikan dengan kotak surat yang ada di kantor POS sedangkan server e-mail dapat diibaratkan sebagai kantor POS. Dengan analogi ini sebuah mail server dapat memiliki banyak account e-mail yang ada didalamnya.

Untuk mengirim sebuah e-mail dari alamat e-mail yang satu ke alamat e-mail yang lain digunakan sebuah protocol (aturan) yaitu Simple Mail Transfer Protocol SMTP. Protocol SMTP telah menjadi aturan dasar yang disepakati untuk pengiriman e-mail. Dengan demikian semua software e-mail server pasti mendukung protokol ini.

SMTP merupakan protokol yang digunakan untuk megirim e-mail (komunikasi antar mail server), dan tidak digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Sedangkan untuk client, digunakan protokol IMAP, POP3. Supaya sebuah mail server dapat di akses oleh cliet, dikembangkanlah sebuah aplikasi dimana client dapat mengakses e-mail dari sebuah e-mail server. IMAP adalah sebuah aplikasi pada layer Internet Protocol yang memungkinkan client untuk mengakses e-mail yang ada di server.

Selain IMAP ada juga POP3 yang fungsinya sama dengan IMAP, akan tetapi memiliki karakteristik yang berbeda dalam cara pengaksesan pada server. Untuk dapat melakukan tugasnya, sebuah mail server harus dapat melayani pengiriman email yang mempergunakan mempergunakan protokol SMTP serta harus mampu melayani client yang ingin mengakses email dengan menyediakan IMAP dan atau POP3. Baca juga : Pengertian FTP Server

Server Pada Mail Server dan Penjelasannya
Pada mail server terdapat 2 server yang berbeda yaitu :
  • Outgoing Server (Sending email) : Protocol server yang menangani adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25.
  • Incoming Server (Receiving email) : Protocol server yang menangani adalah POP3 (Post Office Protocol) pada port 110 atau IMAP (Internet Message Access Protocol) pada port 143.
Penjelasan dari Server yang menangani outgoing email dan incoming email sebagai berikut :
SMTP Server : Saat anda mengirimkan email maka email anda akan ditangani SMTP Server dan akan dikirim ke SMTP Server tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP Server dijalurnya. Apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan dimasukan ke dalam queue dan di resend setiap 15 menit, apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.

POP3 Server : Jika menggunakan POP3 Server, apabila kita akan membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload email tersebut (kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut).

IMAP Server : Jika menggunakan IMAP Server, email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda.

Cara Kerja Mail Server
Proses pengiriman e-mail malalui tahapan yang sedikit panjang. Saat e-mail di kirim, maka e-mail tersebut disimpan pada mail server menjadi satu file berdasarkan tujuan e-mail. File ini berisi informasi sumber dan tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat user membaca e-mail berarti user telah mengakses server e-mail dan membaca file yang tersimpan dalam server yang di tampilkan melalui browser user.

Pengertian, Cara Kerja, Port dan Paket Yang di Gunakan pada Mail Server

Nah itu dia tadi sedikit penjelasan tentang mail server, semoga sobat bisa paham tentang mail server kurang lebihnya saya mohon maaf, jangan lupa untuk share ke temen yang lain ya.Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Mail Server Lengkap Cara Kerja, Port dan Paket Yang di Gunakan"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel