Iklan diatas header

Loading...

40 Paket Sublime Text Untuk Mempermudah Developer Web dalam Pembuatan Web

40 Paket Sublime Text Untuk Mempermudah Developer Web dalam Pembuatan WebSublime Text merupakan teks editor yang canggih untuk kode, markup, dan prosa. Sublime Text memiliki antarmuka yang polos, dengan fitur yang luar biasa, dan memiliki kinerja yang luar biasa. Fitur dan kinerja yang luar biasa tersebut terletak pada plugin yang bisa kita install dengan mudah. Plugin Sublime tersedia sangat banyak sekali dan sebagian besar dari antaranya gratis.

sublime text sebuah text editor yang manjadi favorit para pembuat web saat ini, sublimet text yang ringan dan memiliki banyak fitur tentu membuatnya semakin nyaman digunakan. Terdapat banyak sekali paket (package) yang tersedia secara gratis untuk digunakan oleh desainer web.

Untuk menginstal berbagai paket tersebut, maka Anda harus terlebih dahulu menginstal package control (pengontrol paket), cara nya mudah cukup, buka sublime text, lalu tekan ctrl+ ' atau melalui menu View > Show Console. Ketika console sudah terbuka, paste kode python yang sesuai dengan versi Sublime Text yang Anda gunakan ke kolom yang ada di console tersebut. Kode python tersebut bisa Anda dapatkan disini. Maka proses instalasi sudah berhasil dilakukan.

Baca Dulu Tutorial ini Seblum install Paket-paket di sublime:
Cara install Package Control dan Cara Penggunaanya
Setelah itu maka Anda sudah bisa menginstal paket-paket tambahan lainnya yang berguna untuk menunjang pekerjaan Anda sebagai desainer web.

Berikut adalah paket-paket penting Sublime Text yang berguna untuk desainer web/ web developer:

1. Bracket Highlighter  =  Bracket tag tag highlighter.

2. Emmet  =  Emmet (ex-Zen Coding) untuk Sublime Text.

3. CSS3  =  Dukungan CSS yang paling lengkap untuk Sublime Text 3.

4. Stylus  = Paket Stylus untuk Sublime Text 2 / 3.

5. Sidebar Enhancements  =  Perangkat tambahan untuk sidebar Sublime Text sidebar. Files dan folders.

6. SCSS  = Plugin SCSS yang tadinya merupakan untuk TextMate , sekarang juga support SublimeText 2.

7. Java​Script​Next  = ES6 Syntax = Pendefinisikan bahasa Javascript untuk TextMate dan Sublime Text.

8. Alignment  =  Untuk mempermudah perataan baris kode, baik yang multi baris atau multi seleksi.

9. AlignTab =  Sebuah Plugin keselarasan menggunakan ekspresi reguler.

10. Sublime Linter  =  SublimeLinter adalah sebuah plugin untuk Sublime Text 3 yang menyediakan. sebuah framework untuk linting code(menganalisa kode dari error). apapun bahasa yang digunakan, SublimeLinter dapat membantu Anda untuk menulis kode lebih bersih, rapih, dan terbebas dari bugs.

11. Clipboard History  =  Clipboard history(menyimpan text yang di copy paste) plugin untuk Sublime Text 2.

12. Color Picker  =  Color picker untuk Sublime Text. Menampilkan pallet warna ctrl+shift+c

13. Sublime Minifier  =  Sublime Text CSS dan JS minifier(mengecilkan ukuran file CSS dan JS).

14. j​Query  =  Paket Sublime Text untuk jQuery.

15. Color Highlighter  =   adalah sebuah plugin untuk Sublime text 2 dan 3, yang bisa membuat kode Anda lebih berwarna dan mudah untuk dianalisa, selain itu mempermudah Anda untuk memodifikasi warna karna dilengkapi juga dengan sebuah color picker.

16. Multi​Edit​Utils  = Sebuah plugin Sublime Text memungkinkan untuk melakukan perubahan lebih dari satu.

17. Modific  =  Menandai baris yang berubah semenjak commit terakhir (mendukung Git, SVN, Bazaar, Mercurial and TFS) / ST2(3) plugin.

18. Base​16 Color Schemes  =  Base16 untuk TextMate & Sublime.

19. SASS Snippets  =  Sass Snippets untuk Sublime.

20. Liquid  =  Liquid Templates di Sublime.

21. HTML Prettify  =  Mempercantik kode yang berantakan baik itu HTML, CSS, JavaScript dan JSON untuk Sublime Text 2 dan 3 via node.js.

22. Twitter Bootstrap 3 Snippets =  Plugin Twitter Bootstrap 3 Snippets untuk Sublime Text 2/3.

23. jQuery Snippets =  Code snippets untuk pengembangan web dengan jQuery.

24. Rails Snippets  =  Sublime Text snippets untuk versi terakhir dari Ruby and Rails.

25. AngularJS  =  Plugin Sublime Text untuk bekerja dengan AngularJS, baik itu berupa potongan kode, dan hal-hal lain yang menunjang.

26. LESS  =  LESS syntax highlighting untuk Sublime Text.

27. Vagrant  =  Vagrant commands untuk Sublime Text.

28. Http Requester  =  Plugin HTTP client untuk Sublime Text 2 & 3.

29. Markdown Preview  = Pratinjau  Markdown untuk sublime text 2/3.

30. Comment Snippets  =  Beberapa potongan kode/teks untuk membuat komentar di PHP, CSS and HTML jadi lebih bagus.

31. Sublime Git  =  Plugin untuk mengintegrasikan kode dengan Git di Sublime Text 2 & 3.

32. Gist  = Plugin Sublime Text untuk membuat Gists baru dari teks yang dipilih (masuk ke gist github).

33. DocBlockr =  Simplifies writing DocBlock comments in Javascript, PHP, CoffeeScript, Actionscript, C & C++.

34. All AutoComplete = Sejatinya, sublime menyediakan layanan auto complete berdasarkan kata yang pernah diketikkan dalam file yang sama. Tetapi, sublime kini menyediakan tools dengan nama All AutoComplete yang merupakan plugin tambahan yang berguna untuk melengkapi teks secara otomatis dengan menampilkan berbagai kemungkinan sesuai kata yang kita ketik. Dengan all auto complete, kita dapat dengan cepat dan mudah untuk main coding.

35. Terminal = Terminal merupakan tempat eksekusi beberapa program, salah satunya program bahasa c. Plugin terminal digunakan untuk membuka otomatis terminal berdasarkan folder tempat menyimpan file. Hanya dengan ctrl+shift+t, kita dapat langsung membuka terminal dan direktorinya.

36. CSSComb = CSSComb merupakan plugin tambhan pada SublimeText dengan fungsi untuk mengurutkan syntax CSS berdasarkan sifatnya. CSSComb menjadikan kodingan yang kita buat menjadi rapi, terurut dengan benar, dan konsisten. Hal ini juga membantu menggabungkan kode yang dikerjaan oleh banyak pekerja / tim pengembang yang mengerjakan masing-masing. Cara menggunakan dapat dengan cara: blok/ sorot syntax dan klik crtl + shift + c (Tools - Run CSSComb) atau dengan klik kanan pilih Run CSSComb.

37. Trimmer = Trimmer merupakan plugin tambahan SublimeText yang berguna untuk membantu menghapus spasi yang tidak berguna dan dapat menyebabkan kesalahan pada kode JavaScript. Cara menggunakannya pun sangat musah, hanya dnegan blok / sorot dan klik ctrl + shift + s.

38. CanIUse = Plugin CanIUse merupakan layanan tambahan pada sublime text yang berfungsi untuk memeriksa format syntax CSS dan HTML yang dapat digunakan pada browser kita. Hal ini, mempermudah web programmer untuk membuat desain menggunakan CSS. Menggunakannya pun sangatlah mudah, kita dapat melakukannya dengan cara menyorot syntax CSS atau elemen HTML , lalu klik kanan dan pilih Can I Use, maka akan langsung membuka halaman CanIUse.com.

39. Codeigniter = Plugin yang membantu untuk bekerja dengan framework codeigniter.

40. HTML5 =  Plugin HTML5 merupakan layanan tambahan untk mendukung HTML5 paling lengkap.

Itulah sejumlah paket sublime text yang bisa mempermudah proses pembuatan kode website Anda, Masih banyak paket-paket lainnya yang bisa anda insall. jika Anda memiliki rekomendasi paket Sublime Text lainnya yang menarik dan cukup berguna, jangan lupa share juga di bagian komentar untuk melengkapi kumpulan paket ini. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "40 Paket Sublime Text Untuk Mempermudah Developer Web dalam Pembuatan Web"

  1. Thanks For sharing this Superb article.I use this Article to show my assignment in college.it is useful For me Great Work.
    http://cplugin.com/

    ReplyDelete
  2. Josss. langsung praktek dan berhasil, suwun tutorialnya, ini baru nyoba Sublime Text, sepertinya enak, untuk pengganti dreamweaver, cuma kalah di wysiwig saja.

    ReplyDelete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel