Iklan diatas header

Loading...

Pengertian dan Funssi jQuery Plugin


jQuery Plugin

A. Pengertian JQuery 
jQuery adalah sebuah library Javascript yang sangat ringkas dan sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML, menangani event, animasi, efek dan memproses interaksi ajax. jQuery dirancang sedemikian rupa supaya membuat program menggunakan Javascript menjadi relatif sangat mudah. Sesuai slogan nya, write less, do more. Menulis kode lebih sedikit, tetapi melakukan pekerjaan lebih banyak.

Baca Juga : Pengertian jQuery

jQuery ukuran nya cukup kecil, sehingga tidak memperlambat proses loading halaman web yang kita buat. jQuery juga kompatibel dengan CSS3 dan yang tak kalah penting adalah jQuery bisa berjalan di semua browser – cross browser.

jQuery diluncurkan pada Januari 2006 oleh John Resig. jQuery adalah library Javascript yang paling populer saat ini. Karena kecanggihan nya, jQuery dipakai oleh perusahaan besar seperti Google. Dell, CBS, digg, Netflix, Bank of America, Mozilla, Drupal, dsb.

jQuery adalah library Javascript yang gratis dan open source. Oleh karena nya kita bisa menggunakan jQuery dengan bebas untuk keperluan pengembangan website kita. Tanpa library seperti jQuery, menerapkan Javascript mungkin akan lebih sulit, terutama untuk pemula yang baru belajar Javascript. Plugin tambahan seperti JQuery UI (user interface) semakin memudahkan kita mengembangkan website yang cantik dan interaktif. Selain itu tersedia plugin-plugin lain yang makin memperkaya kemampuan jQuery.

Baca Juga : Pengertian Javascript Beserta Contoh Penggunaan dan Fungsi JavaScript

B. Fungsi JQuery
Berikut ini Adalah Fungsi JQuery :
  1. Mengakses bagian halaman tertentu dengan mudah
  2. Mengubah tampilan bagian halaman tertentu
  3. Mengubah isi dari halaman
  4. Menambah animasi tanpa harus memakai flash yang lebih berat
  5. Melalukan load data/halaman tanpa merefresh seluruh halaman6. Menyederhanakan/mempersingkat penulisan sintaks javascript biasa
Sebagai contoh, ada sebuah plugin jQuery Slider dan kita akan menerapkannya pada elemen HTML yang memiliki id slider, Plugin tersebut menyediakan fungsi “slider()” untuk membuat markup HTML kita menjadi sebuah slider. jadi anda tinggal mengetikkan script berikut :
$("#slider").slider();
Anda dapat mencari plugin-plugin jQuery yang anda butuhkan di internet atau anda dapat mencari sebagian plugin jquery di http://www.jquery4u.com/plugins/.


Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti apa itu yang dimaksud dengan jQuery Plugin? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang jQuery Plugin, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

0 Response to "Pengertian dan Funssi jQuery Plugin"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel