Iklan diatas header

Loading...

Cara Koneksikan Interface dengan JavaFX Scene Builder dan NetBeans IDE 8.0.2

Hallo sobat Bacacoding, apa kabar anda hari ini? semoga baik-baik dan dalam keadaan sehat walafiat. Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara koneksi database dengan JDBC Conector pada aplikasi Point Of Sales kita, nah kali ini saya akan memberikan lanjutan tutorial sebelumnya yakni Cara Menghubungkan interface menjadi satu atau bisa dibilang mengkoneksikan interface yang ada. Jadi ketika kita mengklik menu daftar barang maka yang akan tampil adalah interface daftar barang.

A.  Pengertian JDBC
Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu JDBC Conctor. JDBC (Java database connectivity) adalah spesifikasi standar dari JavaSoft  API (Aplication Programming Interface) yang memungkinkan program Java untuk mengakses sistem database manajemen. JDBC menyediakan methods untuk melakukan query dan modifikasi data pada RDBMS seperti Oracle, SQL Server, MySQL, dll menggunakan Driver Manager. JDBC mirip dengan ODBC (Open Database Connectivity), hanya saja JDBC spesifik digunakan untuk program Java. ODBC bersifat language independent.

JDBC memiliki beberapa kegunaan, yaitu membantu programmer untuk koneksi dengan data source, membantu mengirimkan query dan update statements ke database, dan menerima serta memroses hasil yang didapatkan dari database sesuai dengan query yang diberikan.

Berikut merupakan empat komponen penting dari JDBC :

1. JDBC-API

JDBC-API menyediakan fasilitas untuk mengakses database relasional dari program berbahasa Java. Melalui komponen ini user dapat melakukan proses query dan perubahan data dalam database. JDBC-API memiliki package utama yang tersedia pada java.sql dan javax.sql.

2. JDBC Driver Manager

Merupakan komponen kelas utama yang mendefinisikan object yang mengkoneksikan aplikasi Java ke JDBC driver. Komponen ini berfungsi untuk mengatur beberapa tipe JDBC database driver yang berbeda. JDBC Driver Manager memilih driver mana yang sesuai untuk koneksi ke suatu database.

3. JDBC Test Suite

Komponen ketiga ini memastikan JDBC driver dapat menjalankan program user dan sangat berguna dalam melakukan testing sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi JDBC.

4. JDBC-ODBC Bridge

Adalah database driver yang menggunakan ODBC driver untuk koneksi ke database serta memiliki fungsi utama untuk translasi dari JDBC method calls ke ODBC function calls dan mengimplementasikan JDBC untuk semua driver yang didukung oleh ODBC. Komponen ini dapat diimplementasikan dalam package sun.jdbc.odbc.

JDBC juga memiliki 10 arsitektur, yaitu :
1.Database connections
2.SQL Statements
3.Result set
4.Database metadata
5.Prepared Statement
6.Binary Large Objects (BLOBs)
7.Character Large Objects (CLOBs)
8.Callable statements
9.Database Driver
10.Driver Manager

Oke dari pada berlama-lama lagi yuk simak caranya dengan menonton video dibawah ini:

Baca Juga Tutorial Sebelumnya:

Kamu Bisa tonton video nya di Vlog Saya at BACACODING

Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti Cara Koneksikan Interface dengan JavaFX Scene Builder dan NetBeans IDE 8.0.2? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang Cara Koneksikan Interface dengan JavaFX Scene Builder dan NetBeans IDE 8.0.2, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

0 Response to "Cara Koneksikan Interface dengan JavaFX Scene Builder dan NetBeans IDE 8.0.2"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel