Iklan diatas header

Loading...

Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot

Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot


Dual boot sepertinya merupakan salah satu pilihan yang banyak disukai oleh orang yang ingin migrasi dari Windows ke Linux. Salah satu alasan dual boot yakni kita masih bisa menggunakan windows ketika kita migrasi ke linux.

Namun di sisi lain masih banyak kendala lain yang kita temui. Salah satunya yakni waktu yang ada pada Linux dan Windows tidak sinkron. Misal di Windows “12.00” di Linux bisa jadi masih jam “05.00”. Kita masih bisa mengatasi masalah sinkronisasi waktu ini ketika sedang online, namun tidak ketika komputer kita sedang offline.

Baca Juga :Cara Install XAMPP di Ubuntu

Kejadian waktu tidak sama baru saja saya alami ketika saya memasang 2 sistem operasi (dual-boot) antara Windows dan Ubuntu, saya kira ubuntu nya yang cari masalah. kemudian saya coba install windows dan Mint ternyata sama saja. Ketika saya membuka Ubuntu, waktu menunjukkan jam 18.00. Namun ketika saya coba membuka Windows, saya bingung kenapa waktu menunjukkan waktu jam 9.00. Saya coba atur waktunya menjadi jam 18.00. Ketika saya kembali lagi ke Ubuntu, waktu malah menunjukkan jam 00.00 karena di Windows saya percepat waktunya 7 jam (UTC +7).

Masalah ini terjadi dikarenakan sistem waktu yang digunakan oleh masing-masing sistem operasi. Di Windows menyesuaikan waktu dengan waktu yang ada di BIOS, sedangkan di Linux menggunakan sistem area waktu UTC/GMC.

Saya coba browsing kesana - kemari, dan akhirnya saya menemukan solusi bagaimana cara mengatasi masalah waktu yang tidak sama di Dual-Boot antara Windows dan Linux.

1. masuk ke Windows Anda, lalu buka Run dengan cara tekan tombol Windows + X, dan ketikkan regedit.

Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot


2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation

Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot

3. Buat DWORD baru dengan cara klik kanan pada sisi kosong di sebelah kanan, lalu pilih New, kemudian pilih DWORD Value. Lalu ubah nama DWORD tersebut menjadi RealTimeIsUniversal.

Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot

4. Klik dua kali DWORD yang baru saja kita buat, lalu pada kolom Value data, ketikkan angka 1.

Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot

Dan terakhir, tutup Registry Editor dan restart komputer atau laptop Anda. Sekarang sudah tidak ada lagi permasalahan waktu yang berbeda di Linux maupun Windows Anda. Akhir kata, semoga bermanfaat ! Bacacoding

0 Response to "Cara Menyamakan Waktu di Linux dan Windows Dual Boot"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel