Iklan diatas header

Loading...

Cara Import Kecamatan.kml di Google Earth Pro

Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial. (Source: Wikipedia)

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

A. Manfaat dan Fungsi Google Earth
Manfaat yang pertama adalah mengetahui seluruh kondisi morfologi dan kontur permukaan bumi secara real yaitu foto tampak atas dari permukaan bumi dengan resolusi gambar yang cukup bagus serta keterangan derajat lintang dan bujurnya untuk setiap daerah di muka bumi. Ditambah lagi sekarang telah dikembangkan fitur 3D yang memungkinkan kita melihat suatu objek di permukaan bumi tidak hanya tampak atas melainkan dalam bentuk aslinya. Selain itu Google Earth juga dapat digunakan untuk mencari alamat, GPS, mengetahui tempat-tempat penting di suatu wilayah beserta penjelasan dan foto aslinya, mengetahui cuaca di wilayah tertentu, dan memetakan rute serta mengkalkulasi jarak suatu tempat melalui fitur tools > ruler/GPS.

Manfaat yang kedua adalah dapat mengetahui keadaan kerak bumi atau lempeng melalui fitur historical imagery yang sudah tersedia dan fitur Earth Seafloor yang dapat diunduh di Earth Gallery .Fitur historical imagery memberikan gambaran permukaan bumi beberapa tahun yang lalu dan sedangkan fitur Earth Seafloor memberi gambaran letak dari beberapa patahan kerak bumi di laut.

Manfaat berikutnya adalah mengetahui topografi beberapa wilayah yang sudah dipetakan melalui fitur Historical Topographic Maps. Tampilan topografi menggambarkan tingkat ketinggian suatu wilayah.

Manfaat yang terakhir adalah mengetahui sumber daya alam panas bumi yang telah dipetakan di sebagian wilayah bumi melalui fitur Geothermal Resource. Melalui fitur ini juga dapat diketahui suhu bumi berdasarkan kedalamannya. Baca juga Cara Membuat Peta Style Kategori dengan QGIS

Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat peta menggunakan google Earth. Nah kali ini kita akan membuat Pekanbaru, pertama silahkan download file nya disini Kecamatan.kml

1. Buka aplikasi Google Earth anda. kemudian silahkan login emnggunkan akun GMail anda.


2. Kemudian anda drag file yang sudah anda download sebelumnya ke My Places.

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

3. Selanjutnya kita ubah nama filenya menjadi Pekanbaru. caranya klik kanan pada kecamatan.kml lalu pilih Rename.

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

4. Sekarang kita akan mengedit petanya. Klik kanan kembali pada Pekanbaru. lalu pilih PROPERTIES.

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

5. Pilih Tab Style, Color. kemudian silahkan anda samakan dengan yang ada pada Gambar dibawah ini. Atur
Line: Width: 1,8 Opacity:100% 
Area: Filled Opacity: 60%
bila sudah selesai klik Ok.

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

6. Hasilnya masih belum sempurna, dimana warnanya tidak merata. nah solusinya adalah.


7. Klik kanan ada Pekanbaru lalu pilih Properties. kemudian kamu pilih tab Altitude lalu pilih Clamped to ground atau dalam bahasa indonesia " Tempel ke tanah" lalu klik OK.

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

8. Dan hasilnya akan seperti ini.warna pada peta anda sudah penuh.

Google Earth Pro Import Kecamatan.kml

Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti Cara import file kecamatan.kml di google earth? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang Google Earth Pro, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

2 Responses to "Cara Import Kecamatan.kml di Google Earth Pro"

  1. Mau tanya kak, file kml nya buat sendiri atau download dari tempat lain?
    Kalau download, boleh tau alamat situsnya apa?
    Mohon bantuannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wiya!
      Di artikel itu sudah saya sertakan file .Kml nya. silahkan dibaca baik2. link nya berwarna hijau seperti tulisan biasa.
      TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG

      Delete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel