Iklan diatas header

Loading...

Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Wajib Diketahui

Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Wajib Diketahui
Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Wajib Diketahui | Dalam dunia internet, sering kali kita mendengar dan melihat istilah HTTP dan HTTPS. Hal ini biasanya kita lihat di saat kita menggunakan browser untuk menjelajah dunia maya. Tapi, apa sih perbedaan HTTP dan HTTPS?

Melalui artikel ini, Admin akan mengupas tuntas apa itu HTTP dan apa itu HTTPS. Supaya, kamu gak keliru lagi dengan dua hal tersebut. Meski beda satu huruf, tapi pengaruhnya jauh lho.

Baca Juga : Pengertian HTTP lengkap Fungsi dan Cara Kerjanya

HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang berarti permintaan atau respon protokol berdasarkan mode komunikasi klien atau server. Intinya, HTTP adalah sebuah protokol yang mana mengatur komunikasi antara klien dan server. Siapa kliennya?

Yang menjadi kliennya itu adalah web browser, atau perangkat lainnya yang mampu mengakses, menerima, dan menampilkan konten di dalam web. Jadi, klien akan mengirimkan pesan ke server yang memiliki host konten HTML dan menjawabnya dengan respon yang juga berisi konten HTML. Kegiatan ini diatur dalam satu protokol yang disebut HTTP ini.
Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Wajib Diketahui

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini merupakan versi secure atau versi yang lebih aman dari HTTP sendiri. Nah, HTTPS dikembangkan oleh Netscape Communications pada tahun 1993. HTTPS ini terimplementasikan dengan SSL atau Secure Socket Layer, yang akhirnya mengalamai pembaruan menjadi TLS atau Transpor Layer Security.

Website zaman sekarang lebih menggunakan fitur yang ada di dalam dukungan protokol HTTPS. Sebuah web browser yang terintegrasi dengan protokol HTTPS membutuhkan SSL Certificate untuk mengotentikasi server atau website. Mungkin kamu pernah melihat gembok berwarna hijau sebelum ditempatkan di HTTPS pada address bar di Google Chrome. Setelah itu di klik, informasi otentifikasi sertikat dari website akan tersaji.

Baca Juga : Pengertian URL Lengkap Dengan Contoh

Ada beberapa hal perbedaan HTTP dan HTTPS yang wajib kamu ketahui. Pertama, HTTP tidak bisa menjamin sebuah keamanan data antara klien dan server, sedangkan HTTPS mampu melakukan hal itu. Kemudian, HTTP itu memakai port 80 dan HTTPS menggunakan 443. Terakhir, masalah kebutuhan SSL saja.

Jadi, protokol yang dipakai untuk komunikasi antara klien dan server adalah HTTP. Sedangkan, kalau memakai HTTPS, kamu diharuskan untuk punya sertifikat SSL yang mana nantinya dapat memungkinkan kamu untuk melakukan enkripsi data yang akan dikirim antara klien dan server.

0 Response to "Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel