Iklan diatas header

Loading...

Tips Cara Mempercepat Android Studio

Tips Cara Mempercepat Android Studio

Android Studio adalah aplikasi dari Google untuk menggantikan Eclipse. Aplikasi ini memiliki fitur jauh lebih komplit dibanding dengan Eclipse. Namun setiap aplikasi selalu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kekurangan Android Studio adalah masalah performa. Yap, android studio di kenal lebih lambat / lelet / lemot daripada eclipse yang bisa berjalan di komputer dengan spek pas pasan. Sedangkan Android studio, butuh spek gahar supaya berjalan dengan mulus, bahkan di laptop temen saya yang memiliki RAM 4GB saja, masih terasa lambat / lemot. Tidak bisa multi tasking karena resource dimakan semua oleh Android Studio. Apalagi di Laptop saya yang Cuma 2GB >.< Kalau bisa mekik tu Laptop mungkin dia dah mekik. Heheh.... ^^
Setelah googling kesana kemari, akhirnya ketemu dengan sebuah thread di stackoverflow. Yaps, semenjak adanya situs stackoverflow semua pertanyaan yang saya tanyakan mengenai error di android studio, rata rata sudah ada jawabanya disana karena sudah ada yang menanyakan hal yang sama sebelumnya.Namun situs ini menggunakan bahasa inggris, jadi kamu harus bisa ngerti sedikit atau translate google. Pada thread tersebut, ada yang mengalami masalah yang sama dengan saya, dengan RAM 4GB android studio masih terasa lambat, bahkan mempengaruhi performa keseluruhan komputer, semua jadi lambat.

Masalah
Dan hal yang saya suka, pada thread tersebut juga ada jawabanya, ada banyak jawaban. Tentu saja saya melirik jawaban yang paling atas, dengan banyak vote. Yang artinya, banyak orang setuju, berhasil, atau bahkan terselesaikan masalahnya atas jawaban tersebut. Dan biang kerok penyebab android studio lambat adalah, Integrasi dengan VCS. VCS (Version Control System) adalah sebuah sistem pengontrol versi yang sering digunakan dan untuk memudahkan programer terhadap manajemen kodenya, selengkapnya baja disini https://id.wikipedia.org/wiki/Pengontrol_versi.

Solusinya
Salah satu solusi dari masalah di atas adalah, me-nonaktifkan semua plugin terkait dengan VCS. Langkah langkahnya seperti berikut ini.

1. Pilih menu File kemudian Pilih menu Setting

Tips Cara Mempercepat Android Studio

2. Kemudian pilih menu Plugins

Tips Cara Mempercepat Android Studio

3. Kemudian matikan plugin berikut ini dengan membuang tanda check / centang.
CVS Integration
Git Integration
GitHub
Google Cloud Tools for Android Studio
Subversion Integration

4. Kemudian Restart IDE android studio

Ada cara Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja android studio kamu.seperti:

1. Menambah Virtual Memory
2. Menutup semua aplikasi yang tidak digunakan.
3. Jalankan TaskManager untuk mematikan aktivitas proses yang berjalan tanpa kita sadari. 

Tadi saya sudah mencoba, dan hasilnya lebih baik daripada sebelumnya. Demikianlah cara mengatasi android studio yang menjadi lambat, selamat mencoba semoga komputer anda kuat untuk koding android :D , semoga sukses.

1 Response to "Tips Cara Mempercepat Android Studio"

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel