Iklan diatas header

Loading...

Cara Mengganti Icon Launcher Aplikasi di Android Studio

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio
Cara Mengganti Icon Pada Android Studio | Ikon juga disebut simbol, ialah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program komputer ataupun berkas komputer dalam pengelola berkas sebuah sistem operasi.

Dibuat melalui manipulasi langsung atas simbol, sering ditunjuk melalui tetikus, sehingga pengguna dapat menjalankan fungsinya dengan menggerakkan tetikus tersebut, melihat informasi atau menghapus berkas itu.

Ikon juga digunakan di perangkat lunak. Ikon sering ditempatkan di sebuah bilah alat (toolbar) yang bisa dijalankan fungsinya oleh pengguna dalam program itu dengan mengeklik ikon itu. pengertian diatas saya ambil dari wikipedia.

A. Pengertian Ikon
Ikon adalah tanda yang mewakili sumber acuan melalui sebuah bentuk replikasi, simulasi, imitasi, atau persamaan. Sebuah tanda dirancang untuk mempresentasikan sumber acuan melalui simulasi atau persamaan. ( Danesi, 2004: 38-39). Sebuah tanda yang ada, dibuat agar mirip dengan sumber acuannya secara visual.

Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan rupa sebagaimana yang dikenali oleh pemakainya( Budiman, 2004:29). Persepsi manusia berpengaruh dalam penafsiran dan pembentukan ikon ini.

Contoh : Tanda toilet perempuan dan laki-laki di pintu masuk toilet. Rambu Petugas galian di pinggir jalan. Kedua ikon tersebut menunjukan kegiatan yang dilakukan atau berlangsung sesuai dengan tindakan yang berlaku.(Kompasiana)

Icon pada sebuah aplikasi sangat diperlukan untuk membedakan aplikasi yang satu dengan yang lainnya. Demikian pula jika kita membuat apliaksi pada android, agar tidak membingungkan pengguna alangkah baiknya kita mempersiapkan “sesuatu” yang mudah diingat oleh pengguna, salah satunya dengan memberikan icon pada aplikasi android yang akan kita buat.

Baca Juga : Cara Mengganti Background Aplikasi di Android Studio

Secara default Android Studio sudah memasukan icon pada project yang kita buat,Gimana jadinya kalau semua orang yang mengembangkan aplikasi android menggunakan android studio dan tidak merubah default icon yang di masukan oleh android studio ? mungkin android yang kita gunakan tidak akan berwarana hanya ada sekumpulan icon berlogo kepala robot hijau. Maka dari itu disini saya akan coba sedikit sharing Cara Mengganti Icon Aplikasi Project di Android Studio. nah tanpa berpanjang lebar lagi yuk kita mulai Cara Mengganti Icon Pada Android Studio dibawah ini.

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio:
1. Kita langsung saja pada sebuah project sederhana yang sudah kita buat sebelumnya. Pertama-tama klik tanda panah pada directory “res” agar kelihatan sub directory yang ada diadalmnya. Setelah itu pada directory “mipmap” klik kanan >> pilih new >> pilih Image Assets.

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio


2. Maka akan muncul jendela configure Image Assets. Pada Assets Type pilih “Image” kemudian pada Path, kamu cari gambar yang akan di jadikan icon aplikasi kamu.

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio

3. Setelah dapat gambar yang akan dijadikan icon, klik OK.

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio

4. Kamu bisa saja mengatur tampilan icon dengan narik scroll yang ada, seprti pada gambar ini. Kamu bisa mengatur warna background icon, bentuk background icon dan banyak lainnya. Jika dirasa sudah cukup, klik Next.

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio

5. Kemudian klik Finish.

Cara Mengganti Icon Pada Android Studio

6. Sekarang coba kamu “run” aplikasi kamu dan lihat icon nya. Jika berhasil akan seperti punya saya ini. Bisa temen-temen lihat, pada sebelah kanan adalah icon bawaan dari android studio dan yang sebelah kiri adalah icon yang baru saja kita tukar.
Cara Mengganti Icon Pada Android Studio

Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang kamu bisa mengganti icon bawaan dari android studio dengan icon aplikasi mu sendiri agar terlihat lebih menarik. Nah itu tadi sedikit tutorial dari saya, jika ada kekurangan saya mohon maaf. dan jika ada kesalahan silahkan komentar dibawah agar segera saya koreksi. Baca juga: Cara Menampilkan Project WEB HTML di Android Studio

Dan jangan lupa SHARE artikel ini jika bermanfaat menurut kalian, supaya lebih banyak lagi orang yang tau. Sekian dari saya. Terimakasih, Salam Bacacoding.

0 Response to "Cara Mengganti Icon Launcher Aplikasi di Android Studio"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel