Iklan diatas header

Loading...

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost
Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost | Odoo (Open ERP) adalah aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) modern dan lengkap yang didistribusikan secara open source, didalamnya terdapat berbagai program aplikasi bisnis termasuk Sales, CRM, Human Resources, Warehouse Management, Manufacturing, Finance and Accounting dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Install Prestashop

Odoo(OpenERP) dibangun menggunakan teknologi framework open object yang memiliki kekuatan arsitektur MVC (Model View Controller), workflow atau Alur Kerja Proses yang fleksibel, GUI yang dinamis, antarmuka XML-RPC dan sistem pelaporan yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Odoo(OpenERP) merupakan web aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemograman Phyton, XML, dan JavaScript serta menggunakan PostgreeSQL sebagai database management systemnya.

SEJARAH ODOO
Odoo(OpeERP) yang sebelumnya adalah TinyERP lalu berubah menjadi OpenERP dan sekarang menjadi Odoo ditulis dengan bahasa Phyton oleh sebuah perusahaan yang bernama TinySPRL di Belgia.

Odoo(OpenERP) menawarkan banyak keunggulan dibanding program aplikasi sejenisnya diantaranya tiga tingkat arsitektur web, kemudahan penggunaan dan fleksibilitas. Dengan lebih dari 10000 download perhari,

Odoo adalah sistem ERP yang paling dikagumi dan memiliki perkembangan tercepat didunia dan merupakan solusi perangkat lunak manajemen gratis open source. Perusahaan-perusahaan kecil dan menengah diseluruh dunia kini dianjurkan untuk menggunakan ERP.

Pada bulan Desember 2009, Indonesia secara resmi telah sepakat untuk membangun kerjasama dengan Tiny SPRL Belgia untuk mengembangkan OpenERP versi Indonesia. Saat ini Odoo telah tersedia dalam 18 bahasa dam memiliki partner serta kontributor dari seluruh dunia.

Lebih dari 800 deveoper telah berpartisipasi dalam proyek pengembangan sistem Odoo, pengembangannya dilakukan dengan memisahkan komponen server dan klien yang semuanya mengadopsi lisensi bebas GPL.

Target Penggunaan Odoo 
Odoo ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki ambisi dan keinginan untuk meningkatkan performansi dalam bidang manajemen. Sistem manajemen ini dapat membantu dan mempermudah segala hal yang berkaitan dengan manajemen.

Odoo tidak membatasi jenis, kategori dan skalabilitas perusahaan-perusahaan yang akan menggunakannya karena Odoo dapat diaplikasikan baik pada bidang, sektor maupun skala apapun.

Fitur-fitur ODOO
Saat pertama kali menginstal Odoo, modul-modulnya belum lengkap, sehingga diperlukan untuk mengupgrade modul-modul tersebut. Berikut penjelasan mengenai modul-modul utama yang digunakan dalam odoo:

1. Enterprise Management
 a. Sales Management
Modul sales memungkinkan kita untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan pada sistem struktural dan hierarkis. Memungkinkan kita untuk membuat pesanan baru dan meninjau pesanan yang sudah ada di berbagai negara.

Konfirmasi pesanan dapat memicu pengiriman barang, faktur dan waktu yang ditentukan oleh pengaturan dalam setiap pesanan.

Dalam modul ini penjual dapat mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan hanya dalam satu layar saja, dapat melakukan kontrol terhadap pemesanan dan penigriman barang serta dapat mengetahui semua operasi yang dilakukan pelanggan.

Keuntungan dari enterprise management yaitu:
  • Diintegrasikan dengan Point of Sales
  • Accounting yang otomatis
  • Diintegrasikan dengan kontak, project, dan jadwal produksi
  • Diintegrasikan dengan platform eCommerce yang berbeda-beda untuk transaksi online
  • Dapat menampilkan report
b. Purchase
Purchase management memungkinkan anda untuk mencari penjual dari harga penawarannya dan mengkonversikannya menjadi pesanan pembelian. Odoo memiliki beberapa metode pemantauan dan pelacakan faktur penerimaan barang yang dipesan.

Kita dapat menangani [eniriman yang partial di Odoo, sehingga kita masih dapat mengetahui barang yang masih akan diantarkan. Odoo memungkinkan sistem untuk menggenertae secara otomatis draft pembelian.

Baca JugaTutorial Cara Install Wordpress di Localhost

2. Logistic 
 a. Manufacturing
Dalam modul ini terdapat double-entry stock untuk mempermudah traceability, melakukan kontrol terhadap biaya dan margins proyek, product dan partners, dan mudah untuk menjalankannya.

Diintegrasikan dengan accounting untuk transaksi secara otomatis, diintegrasikan dengan HR management untuk mendapatkan ketersediaan resources.

b. Warehouse Management
Modul ini menyediakan fungsionalitas untuk mengatur multi-warehouse. Untuk tiap warehouse, lokasi input, lokasi output dan lokasi stock dapat didefinisikan.

3. Accounting dan Finance 
 a. Accounting
Odoo menyediakan modul Accounting yang terintegrasi dengan financial acounting, AnalitycAccounting, thrd party management. Taxes management, budgets dan assets.

Odoo memiliki lebih dari 50 modul tambahan dalam accounting seperti electronic bank transfer, assets management, automatic invocing, analitic control, dan statement management.

Keunggulan dan kelemahan Odoo 
Odoo memiliki keunggulan dibandingkan software-software ERP lainnya dalam hal fitur-fitur yang tersedia, customisasi, fleksibilitas dan kualitas yang ditawarkan.

1. Kelebihan Odoo
a. Akses informasi yang dapat dipercaya
b. Multi platform bisa menggunakan sistem operasi windows, MacOS, Linux, dan Android
c. Menghindari redudansi dari pemasukan data dan operasi
d. Mengurangi waktu jeda waktu penampilan informasi dan laporan
e. Pengurangan biaya, penghematan waktu, dan peningkatan kontrol dengan analisis skala enterprise
f. Modul lengkap dan saling terintegrasi

2. Kelemahan odoo
a. Program aplikasi Odoo banyak memberikan pilihan konfigurasi, hal ini menyulitkan untuk menentukan cara tertentu/terbaik
b. Odoo dikembangkan oleh komunitas, maka setiap saat program ini banyak mengalami perubahan dan perbaikan
c. tinyERP /Odoo yang dikembangkakn dengan bahasa pemograman Phyton komunitasnya belum banyak sehingga kalau ada masalah sulit mencari informasi.

Mengapa Memilih ODOO 
Berikut ada beberapa alasan mengapa kita dianjurkan untuk menggunakan Odoo dibandingkan dengan Software Enterprise lainnya, yaitu:

1. Komprehensif
Memiliki banyak fungsi dengan lebih dari 1000 modul yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis, serta dikembangkan dan didukung oleh komunitas.

2. Modular
Modulnya dapat digunakan sesuai kebutuhan

3. Update Teknologi
Didasarkan pada beberapa teknologi yang modern dan up-to-date.

4. Strategi Konsolidasi
Memungkinkan perusahaan untuk menyatukan proses bisnis dengan mudah dan efektif.

5. Customizable
Dapat di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

6. Tidak ada Lock-in
Dapat medownload perangakat lunak (versi lengkap) secara gratis, mengujinya dan menggunakannya.

Nah itu dia tadi sedikit tentang Odoo, sekarang kita kembali ke topik pembahasan “ Cara Install Odoo 11.0 di Localhost

“ Sebelum kita memulai installasi saran dari saya. Matikan Antivirus anda beberapa saat, sebelum menginstall Odoo, karena ada beberapa antivirus yang menganggap file Odoo berupa Virus.”
Cara Install Odoo 11.0 di Localhost

1. Double klik pada instalan Odoo, maka akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini. Silahkan pilih bahasa yang anda mengerti. Lalu klik OK.
Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

2. Kemudian klik Next.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

3. Pilih I Agree pada halaman persetujuan,untuk membuktikan bahwa anda setuju dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh pihak Odoo.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

4. sekarang kita disuruh memilih komponen yang ingin kita install. Saran saya kita pilih saja yang All In One, dimana kita menginstall Odoo sekaligus dengan Database yang di sediakan oleh Odoo yakni PostgreSQL. Pastikan Kedua komponen sudah terceklist. Jika sudah klik Next.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

5. Konfigurasi PostgreSQL koneksi, kita biarkan saja default dan jangan lupa di ingat atau dismpan password dan username nya supaya bila dibutuhkan anda masih ingat. Jika sudah klik NEXT.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

6. Silahkan pilih lokasi folder instalan yang anda inginkan, jika ingin default silahkan langsung anda klik Install, tapi jika ingin merubah klik Browse dan pilih lokasi yang diinginkan.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

7. Tunggu sampai proses installasi selesai.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

8. Setelah selesai klik Next.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

9. Lalu klik Finish. Jika anda mencetang Start Odoo, maka anda akan otomatis diarahkan ke browser anda.
Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

10. Kemudian buka Browser anda, lalu klik “localhost:8069” tanpa tanda kutip. Jika tidak ada kendala maka akan tampil seprti berikut. Silahkan anda buat nama database. Dan klik Create Database.

Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost

Tunggu beberapa saat dan Odoo anda sudah siap untuk di costumize. Nah Bagaimana…? Mudah Bukan! Apakah sekarang kamu sudah paham cara menginstall Odoo 11.0? Saya harap kamu sudah mengerti dan paham. Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang pengertian Domain, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

5 Responses to "Cara Mudah Install Odoo 11.0 di Localhost"

  1. nternal Server Error

    The server encountered an internal error and was unable to complete your request. Either the server is overloaded or there is an error in the application.
    ini kenapa ya??

    ReplyDelete
  2. gan kalo gak bisa akses localhost:8069 gimana ya

    ReplyDelete
  3. Gan saya mau nanya
    Sy install odoo 11 di laptop sy dgn OS Win 7 64 bit. Tapi error, runtime vc++ gagal. Itu solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mala Tiwi!
      Maaf baru respon petanyaannya,
      Kalau error runtime VC++, mungkin belum menginstall file tersebut, ada baiknya kamu install Java runtime dulu biar paket2 java sudah tersedia di laptop kamu. semoga ini bisa mwnjawab pertanyaan kamu. terimakasih

      Delete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel