Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya

Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau BerbudayaInovasi Teknologi dan Seni menuju Riau Berbudaya - Riau merupakan salah satu provinsi di indonesia yang lagi gencar-gencarnya dalam membangun inovasi teknologi dan seni budaya melayu. Hal ini tercermin dari dua buah tagline yang saat ini lagi trend di riau yakni Riau Go IT dan Riau The Homeland Of Melayu. Riau Go IT
Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya
Img Source : Riauantara

merupakan salah satu terobosan baru yang diciptakan oleh Gubernur Riau Andi Rachman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan sistem berbasis teknologi informasi secara online. Pelayanan tersebut untuk kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan pelayanan maksimal. Informasi Teknologi ini untuk meningkatkan pelayanan dan transparansi kepada masyarakat hingga ke pedesaan menuju daerah provinsi yang cerdas akan teknologi.


Baca Juga : Ayo Cegah Korupsi Dengan Pemanfaatan Teknologi


Untuk meningkatkan gerakan Riau Go IT, Pemerintah provinsi Riau menyediakan fasilitas online untuk masyarakat luas seperti website yaitu www.riau.go.id. Pada website tersebut masyarakat dapat mengupdate atau melihat informasi tentang kegiatan pemerintah provinsi Riau seperti informasi dan kegiatan SKPD, Website dan Email SKPD, Gallery Fotodan Video, Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah, Produk hukum, TV Streming, Radio Online, Info Pajak Kendaran, Laporan Kerusakan, LPSE berbasis Online, Government Service Bus, Perizinan Online,  data pembngunan, Kelompok InformasiMasyarakat, Data (PKB,BBN-KB, SWDKLLJ), Pengaduan Online, Website kabupaten/kota, InformasiPeta, Pangkalan Data Pendidikan, Layanan SK Guru Bantu, Data Pokok Pendidikan, Pengumuman Lelang LPSE, dan Informasi Penyusunan RKPD.


Masyarakat tidak perlu lagi repot untuk mencari informasi tentang kegiatan pemerintah provinsi Riau. Hanya dengan membuka akses internet di website www.riau.go.id sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.( Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya )Adapun Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya yang sudah di miliki Provinsi Riau menuju Riau Go IT sebagai berikut:

    Index Informasi SKPD
    Website dan Email SKPD
    Gallery Foto dan Video Kegiatan
    Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah
    Produk Hukum
    Informasi Pajak Kendaraan dan Kendaraan Bermotor
    Laporan Kerusakan Jalan

Pemerintah riau mengharapkan terus ada kemajuan dalam inovasi-inovasi teknologi terutama dalam aplikasi e-goverment untuk meningkatkan pelayanan publik. hal ini memberikan kesemptan bagi para start-up untuk meningkatkan teknologi dan aplikasi menuju riau go IT.


Tidak hanya gerakan Riau Go IT, pemerintah Riau juga meningkatkan promosi di sektor pariwisata mereka untuk memperkenalkan seni dan budaya melayu melalui Riau The Homeland Of Riau. Upaya peningkatan pembangunan dibidang pariwisata dan budaya melayu, pemerintah provinsi Riau mengawali gerakan tersebut dengan menciptakan dasar gerakan yang akan mendunia.


Adapun dasar gerakan tersebut yakni didasari dengan tema Riau The Homeland of Melayu yang artinya Riau Tanah Air Melayu. Tema tersebut menjadi doktrin awal untuk memulai gerakan pembangunan dibidang pariwisata dan budaya melayu.


Menurut Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, untuk meningatkan pariwisata berbasis budaya di wialayah Provinsi Riau diperlukan kerja sama yang solid dari berbagai kalangan, baik para pemikir budaya, akademisi, budayawan, seniman dan masyarakat, sehingga basis ini semakin kuat. Selain itu melakukan promosi aktivitas budaya di tanah air melayu hingga mendunia.


“Kita harus optimis. Wisata kita tidak kalah dengan negara lainnya. Riau memiliki keunggulan di sektor pariwisata berbasis kebudayaan. Kita hanya perlu memasarkannya,” Kata Gubernur Riau.


Salah satu budaya di provinsi Riau yang sudah turun-temurun dan menjadi nilai pariwisata yang memberikan dampak pada pariwisata Riau yakni Pacu Jalur. Kegiatan Pacu Jalur tersebut terdapat di kabupaten Kuansing, Riau.


Kegiatan tersebut diperlombakan untuk peserta yang ingin mengikutinya dan dilaksanakan secara rutin disetiap tahunnya. Akibat dari pelaksanaan kegiatan pacu jalur yang dilaksanakan secara rutin, maka kegiatan tersebut dijadikan menjadi sebuah festival yang disebut dengan Festival Pacu Jalur (FPJ).


Festival Pacu Jalur

Upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk meningkatkan efek positif dari pembangunan pariwisata dan budaya melayu yakni dengan meluncurkan konsep Melayu Menyapa Dunia. Program tersebut dilounching lagsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Adapun tujuan meluncurkan program Riau Menyapa Dunia adalah untuk meningkatkan kuota pariwisata ke wilayah provinsi Riau.


Selain pacu jalur, provinsi Riau juga memiliki wisata yang patut untuk dikunjungi diantaranya, Candi Muara Takus yang terletak di desa Muara Takus, situs ini merupakan awal kerajaan Sriwijaya. Ada satu lagi Wisata yang saat ini lagi hits di 2017 adalah Ulu Kasok yang berada di Kampar, tempat wisata ini di katakan mirip dengan raja ampat di papua. dan tempat ini juga suah disorot beberapa media TV nasional.


Semoga dengan adanya gerakan inovasi teknologi dan seni menuju Riau Berbudaya ini bisa membawa Riau menjadi Provinsi dengan teknologi yang maju dan menjadi objek wisata melayu di dunia. Demikianlah artikel tentang Inovasi teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya, apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, apabila ada saran dan komentar silahkan di tulis di kolom komentar, apabila artikel ini menarik tolong share keteman dan saudara anda agar merekka tau info yang sedang anda baca. Terimakasih. (Riau)

1 comment for "Inovasi Teknologi dan Seni Menuju Riau Berbudaya"

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

loading...
loading...
loading...