Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Cara Mengatasi Tingkat Kecerahan Layar ( Brightness ) Tidak Berfungsi Pada Windows 7 / 8 / 10

bacacoding: mengatur intensitas cahaya atau level brightness pada layar komputer memang sangat diperlukan agar pandangan ke laptop tidak terlalu menyakitkan mata. Tapi apa jadinya jika tombol level brightness tidak berfungsi? Maka dari itu saya akan memberikan solusi cara memperbaiki tingkat kecerahan layar ( Display brightness ) yang tidak berfungsi pada windows 10 / 8 /7.


Cara Mengatasi Tingkat Kecerahan Layar ( Brightness ) Tidak Berfungsi Pada Windows 7 / 8 / 10

Apa itu Display Brightness?


Display Brightness merupakan alat atau tools pada sistem operasi yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan cahaya pada layar komputer atau laptop. Display brightness sangat perlu di atur untuk menjaga intensitas cahaya ke mata anda. Ketika anda berada di tempat yang gelap anda perlu untuk menurunkan intensitas cahaya pada layar laptop anda dan begitu pula sebaliknya. Tingkat kecerahan layar pada laptop atau komputer sebenarnya sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing orang.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Flashdisk Bootable Semua Sistem Operasi

Penyebab Tingkat Kecerahan Layar ( Brightness ) Tidak Berfungsi


Ngomongin soal penyebab display brightness pada windows tidak berfungsi bisa saja ada faktor lain, tapi menurut saya hal ini terjadi karena ada permasalahan pada driver layar anda atau telah terjadi file korup pada display brightness.

Cara Mengatasi Tingkat Kecerahan Layar ( Brightness ) Tidak Berfungsi Pada Windows 7 / 8 / 10


Memang hal yang menyebalkan jika tiba-tiba ketika kita ingin mengatur tingkat kecerahan layar ( brightness ) tidak mau berfungsi. Segala cara yang tersedia pada laptop sudah di coba, level brightness sudah di naik-turunkan namun tetap saja tidak terjadi perubahan. Terkadang pada satu kasus brightness layar tiba-tiba maksimal jadi terang, hal ini malah bikin sakit mata.

  • Biasanya kamu bisa mengatur kecerahan layar ( brightness ) dengan menekan tombol shortcut pada windows yakni “ windows + X “. Kamu bakal nemuin Windows Mobility Center, nah disana kamu bisa atur level brigtness dengan menarik panel yang ada.
  • Kamu juga bisa mengatur display brightness dengan klik tombol start > control panel > Appearance and Personalization > Display > Adjust Brightness  > Screen Brightness. Kamu bisa tarik panel sesuai keinginan kamu. 
  • Atau Kamu sudah lakukan hal ini juga Control Panel > Hardware and Sound > Power Options  > Screen Brightness. Kamu juga bisa tarik ke arah kanan untuk menerangkan dan ke arah kiri untuk meredupkan cahaya.
  • Atau mungkin kamu juga sudah coba menekan tombol shortcut pada latop kamu seperti tombol “Fn + Tombol Cahaya “ sesuai dengan merek laptop masing-masing.


Semua cara di atas sudah  anda lakukan namun tidak membuahkan hasil? Berarti anda bisa menarik kesimpulan bahwa ada yang salah dengan software atau perangkat lunak pada windows anda. Seperti yang sudah saya singgung pada penyebab display brightness tidak berfungsi salah satu penyebabnya adalah driver yang rusak atau korupt. Nah untuk itu kamu harus mengupdate driver yang berhubungan dengan display laptop kamu. Untuk itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga : Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Dengan EaseUs Partition Master

1. Update Driver Dispaly Adapters Online
Kamu bisa mengupdate driver secara online dan cara ini mungkin bisa dibilang yang sangat praktis karena hanya perlu koneksi internet. Caranyanya pun cukup mudah:

  1. Klik tombol start > control Panel > Hardware and Sound > Device Manager
  2. Kamu pilih Display Adapter, klik kanan pada Driver Video Card > Update Driver Software
  3. Kemudian pilih Search Automatically for update driver software
  4. Windows akan mencari driver yang sesuai dan terbaru sesuai dengan laptop atau komputer anda.
  5. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan pesan pemberitahuan.
  6. Restart komputer anda dan coba atur display brightness nya kembali.


2. Update Driver Dispaly Adapters Offline 
Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil, kamu bisa coba cara yang satu ini. Kamu bisa update driver  graphic kamu secara offline. Ikuti cara berikut ini:

  1. Klik tombol start > control Panel > Hardware and Sound > Device Manager
  2. Kamu pilih Display Adapter, klik kanan pada Driver Video Card > Update Driver Software
  3. Pilih Browse my computer for driver software
  4. Akan muncul jendela baru, pilih ‘let me pick from a list of device drivers on my computers
  5. Jika sudah, akan muncul menu untuk memilih Device driver untuk di install, klik Microsoft Basic Display Adapter atau Standar VGA Graphics Adapter, ( nama software di sesuaikan dengan laptop punya anda )lalu klik Next.
  6. Lakukan langkah di atas sampai muncul pilihan Intel R HD Graphic, kemudian pilih driver itu dan klik Next.
  7. Tunggu sampai proses installasi selesai, jika sudah selesai kamu bisa restart laptop atau komputer kamu. Kamu juga bisa langsung atur brightness kamu tanpa restart.
  8. Selesai


3. Install Ulang Driver Graphic Card
Kamu perlu tahu bahwa tak selamanya driver dapat berjalan dengan normal, ada kalanya driver tidak sesuai lagi dengan laptop kamu atau sudah mengalami pembaharuan atau juga ada file driver yang tanpa kamu sadari telah rusak atau korupt. Untuk mengatasi brightness tidak berfungsi kamu bisa coba untuk menginstall ulang driver graphic card kamu melalui DVD driver bawaan laptop atau mendownload driver sesuai dengan merek laptop di situs resmi laptop tersebut. Biasanya mereka sudah menyediakan driver di website mereka, jadi kamu bisa download sesuai tipe dan merek laptop kamu.

Bacajuga: Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Permanen

Jika kamu tidak ingin repot daownload satu-satu, kamu bisa menggunakan software driver pack, yah walaupun ukurannya cukup besar tapi kamu bisa menyesuaikan dengan berbagai macam laptop. Bukan hanya untuk VGA, sesuai namanya driver pack adalah kumpulan beberapa driver yang dikemas menjadi satu kesatuan. Jadi, kamu bisa menginstall berbagai macam driver hardware lainnya.

Mungkin hanya itu pengetahuan dan pengalaman saya seputar cara memperbaiki brightness yang tidak berfungsi pada windows, jika kamu punya cara lain untuk mengatasi masalah di atas, tidak ada salahnya kamu memberikan komentar dibwah ini agar bisa di diskusikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman.

3 comments for "Cara Mengatasi Tingkat Kecerahan Layar ( Brightness ) Tidak Berfungsi Pada Windows 7 / 8 / 10"

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

loading...
loading...
loading...