Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Cara Membuat Overview Map (Peta Pratinjau) menggunakan QGIS

A. Pengertian Peta
Istilah peta berasal dari bahasa Inggris, yaitu map. Adapun kata map berasal dari bahasa Yunani, yaitu mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun, secara umum Pengertian Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi.

Pengetahuan peta telah dikenal manusia sejak sebelum masehi. Benda bersejarah yang berhubungan dengan pembuatan peta adalah berupa lempengan tanah liat peninggalan bangsa Babilonia, Mesir, dan Cina. Benda tersebut saat ini dapat disaksikan di Museum Semit Harvard, Amerika Serikat.

Saat ini orang dapat menggambarkan letak suatu tempat dengan gambar yang lebih baik, antara lain dengan melakukan perbandingan antara keadaan sebenarnya dan gambar yang dibuat. Perbandingan itu disebut skala. Misalnya, untuk menggambarkan jalan yang panjangnya 10 km cukup digambar sepanjang 10 cm. Oleh karena itu, skala merupakan komponen yang sangat penting dalam penggambaran peta.

B. Fungsi Peta
Peta merupakan alat yang sangat penting dalam geografi karena mempunyai beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut.

  1. Menunjukkan posisi atau lokasi suatu wilayah di permukaan bumi.
  2. Menggambarkan bentuk dan persebaran berbagai gejala di permukaan bumi.
  3. Menggambarkan kondisi fisik dan kondisi sosial suatu wilayah.

Peta dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala yang terdapat di permukaan bumi. Oleh karena itu, untuk mempelajari peta dengan baik seseorang hendaknya memiliki berbagai macam pengetahuan meskipun hanya bersifat umum.

Selain bidang geografi, banyak instansi pemerintah maupun swasta yang memerlukan peta. Sebagai contoh, di bidang militer peta sangat penting untuk menggambarkan keadaan suatu wilayah. Di dalam bidang militer peta digunakan untuk merencanakan strategi perang, antara lain gerakan pasukan, pengintaian, penyerangan, pertahanan, dan tempat perbekalan

C. Peta Overview
Peta overview (pratinjau) adalah peta yang menunjuk ke secara keseluruhan lokasi suatu peta lainnya. Biasanya, peta overview memiliki skala yang lebih kecil (pembagi lebih besar dari peta ). Contoh pada peta Pekanbaru yang sebelumnya sudah kita buat berskala 1:200 000, kita buatkan peta overview (pratinjau) dengan skala 1:6 500 000

Baca juga:
Untuk membuat pratinjau, download peta admin sekitar riau  disini

Baiklah, yuk kita mulai tutorialnya.

1. Masukkan peta Adim sekitar riau.shp ke layer panel dan letakkan di bawah shape Kelurahan. Sementara kita hilangkan silang pada shape kelurahan supaya tidak kelihatan.




2. Sekarang double klik pada admin_sekitar_riau maka akan muncul kotak dialog sperti ini, lalu ubah warna peta menjadi hijau atau sesuai keinginana anda.


3. Kemudian double klik lagi pada admin.shp ikuti langkah-langkahnya:


            1. Klik label
            2. Pilih “Show label for this layer”
            3. pada label with pilih “ADMIN_NAME”
            4. Lalu klik OK.

4. Hasilnya akan seperti ini:

5. Jika tampilan sudah seperti diatas kita masuk ke komposser. Caranya tekan ctrl+p. Disini saya melanjutkan tutorial sebelumnya. Link ada diatas. Sebelumnya kita aktifkan kembali kelurahan.shp pada peta. Dengan cara mencentang kolom kelurahan.

            1. Pilih “Add New Map”
            2. Tarik (select area) seberapa besar peta yg diinginkan
            3. Kemudian atur Scale menjadi 6500000
            4. anda bisa mengatur posisi peta menggunkan tool ini.

tool atur posisi peta


6. Untuk mengatur supaya tulisan di peta pekanbaru tidak terlihat di peta overview kita atur Visibilitynya terlebih dahulu. Kembali ke peta awal.Double klik pada kelurahan.shp

            1. Double klik kelurahan
            2. Pilih Label
            3. Centang “Scale-based visibility”
            4. Ubah Maximum menjadi 500000
            5. lalu klik OK.

7. Setelah itu kembali ke composser. Select peta overview karena kita akan memberi koordinate.

            1. Pilih Grid
            2. Tambah Grid 1
            3. Grid type ubah menjadi “Frame and annotations only”
            4. Ubah CRS nya menjadi EPSG:4326


            5. interval ubah menjadi x 1 dan y 1.


            6. Centang “Draw coordinates”
            7. Untuk Left dan Right di disable
            8. untuk Top dan Bottom ubah menjadi “Inside Frame”


            9. Kemudian ubah “Coordinate Precision” menjadi 1.

10. Scroll kebawah, cari overview lalu klik tanda + (tambah)



11. pada Map frame ubah menjadi Map 0

12. Centang Frame untuk embuat bingkai pada peta overview.


Berikut Hasilnya:

Gimana mudahkan membuat peta overview. Sekian dulu jika ada komentar dan petanyaan silahkan di isi pada kolom komntar dibawah.apakah sekarang kamu sudah mengerti Cara Membuat Overview Map (Peta Pratinjau) menggunakan QGIS? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang Cara Membuat Overview Map (Peta Pratinjau) menggunakan QGIS, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Overview Map (Peta Pratinjau) menggunakan QGIS"

loading...
loading...
loading...