Iklan diatas header

Loading...

Sunway TaihuLight, Super Komputer Terhebat di Dunia Asal China

Sunway TaihuLight, Super komputer terhebat di dunia asal China yang mampu menjalankan seribu triliun kalkulasi setiap detik. Sunway-TaihuLight dibangun oleh National Research Centre of Parallel Computer Engineering and Technology (NRCPC).


Sunway TaihuLight dibangun dengan menggunakan prosesor buatan China sendiri, tanpa bantuan teknologi Amerika. Berdasarkan tes performa dari Linpack, Sunway TaihuLight mengukir nilai 93 Peta-FLOPS. Performa puncak komputer ini tercatat hingga 125 Peta-FLOPS. Nilai ini jauh melampaui komputer tercepat sebelumnya yang juga buatan China, Tianhe-2 yang 'hanya' memiliki performa maksimal 33,86 Peta-FLOPS. Tingginya performa Sunway TaihuLight memungkinkannya untuk menjalankan seribu triliun kalkulasi setiap detik. Superkomputer ini sanggup dipakai untuk memprediksi cuaca, mendesain senjata nuklir, hingga analisa titik pengeboran minyak bumi.

Baca Juga : Bahaya Menaruh Smartphone di Bebrapa Tempat Berikut

Sejarah
China membuat terobosan baru dengan keberhasilannya membuat super komputer barunya yang bernama Sunway TaihuLight. Super komputer buatan China ini mempunyai 41ribu prosesor yang masing masing memiliki 260 core. Pengertian Superkomputer sebenarnya adalah kumpulan dari beberapa komputer server yang dijadikan satu, sehingga mampu memproses data hitungan rumit dengan cepat.

Sebelum TaihuLight diciptakan, super komputer pendahulunya yang bernama Tianhe-2 ini mampu memproses dengan kecepatan 33 petaflops, dibandingkan Tianhe-2, super komputer terbaru yang bernama TaihuLight mampu memproses jauh lebih cepat yaitu dapat memproses dengan kecepatan hingga 93 quadriliun kalkulasi per detik / petaflop. jika dibandingkan, super komputer yang terletak di National Supercomputing Center, kota Wuxi memiliki 10,65 juta core. Ini jauh dari superkomputer Titan milik Amerika yang total core nya hanya 560ribu core.

Kelebihan 
Kelebihan lain super komputer TaihuLight prosesor nya sudah memakai buatan sendiri dari negeri China, chip Custom desing SW26010, dibandingkan super komputer Tianhe-2 yang prosesor nya masih menggunakan buatan Intel asal Amerika ini.

Saat ini boleh dibilang superkomputer terkencang di dunia dimiliki oleh TaihuLight buatan negeri China sekaligus yang memiliki jumlah core terbanyak.

Baca Juga : Cara Mengisi Batrai Ponsel Agar Cepat Penuh

Terdapat setidaknya 167 sistem super komputer di China, sedangkan Amerika menempati urutan kedua dengan 165 sistem dan jepang di urutan ketiga dengan selisih yang cukup jauh, yaitu hanya 29 sistem.

Superkomputer terus dikembangkan dibeberapa negara untuk mendapatkan dukungan teknologi yang dapat membantu pekerjaan pekerjaan rumit, seperti menganalisa cuaca, menyelesaikan perhitungan yang super rumit, sampai digunakan untuk merancang nuklir, baik senjata atau manfaat lainnya.

0 Response to "Sunway TaihuLight, Super Komputer Terhebat di Dunia Asal China"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel