Iklan diatas header

Loading...

Alasan Penamaan Cemilan Pada Sistem Operasi Android

versi android dari awal sampai sekarang
A. Pengertian Android
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Baca Juga : Mengenal Android Oreo Open Wonder dan Kelebihannya

B. Alasan Penamaan Cemilan
Setiap perusahaan teknologi punya cara tersendiri dalam melakukan penamaan sistem operasi. Apple, ambil contoh, perusahaan itu selalu menggunakan nama kucing besar (Cheetah, Jaguar, Panther, Lion, dan lain sebagainya) untuk sistem operasi Mac-nya.

Berbeda dengan Apple, Google justru selalu menggunakan nama camilan untuk setiap sistem operasi Android-nya. Terbaru, sistem operasi Android 8.0 mengusung nama Oreo. Lantas, mengapa raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam ini kerap mengusung nama camilan untuk semua sistem operasinya?

Dijelaskan juru bicara Google, Randall Sarafa, konsep sistem operasi Android dengan nama camilan tercetus secara tidak sengaja dari tim kreatif internal Google.

"Ini terjadi secara random--bagaimana ya menjelaskannya, pokoknya kami tiba-tiba saja spontan mencetuskan nama camilan. Jadi, setiap sistem operasi dirilis kami selalu mencari nama camilan secara alfabetis," kata Sarafa.

Sekadar informasi, kini sudah ada sepuluh nama sistem operasi Google yang diambil dari camilan manis dan hidangan penutup. Android 1.0 dan 1.1 dinamai Android Alpha dan Beta. Barulah setelahnya muncul Android 1,5 dengan nama Cupcake untuk Android C.

Daftar lengkap nama Android berdasarkan alfabetis:
  1. Android 1.0 : Android Alpha
  2. Android 1.1 : Android Beta
  3. Android 1.5 : Android Cupcake
  4. Android 1.6 : Android Donut
  5. Android 2.0-2.1 : Android Eclair
  6. Android 2.2-2.2.3: Android Froyo
  7. Android 2.3-2.3.7: Android Gingerbread
  8. Android 3.0-3.2.6:Android Honeycomb
  9. Android 4.0-4.0.4: Android Ice Cream Sandwich
  10. Android 4.1.-4.3.1: Android JellyBean
  11. Android 4.4-.4.4.4: Android KitKat
  12. Android 5.0-5.1.1: Android Lollipop
  13. Android 6.0-6.0.1: Android Marshmallow
  14. Android 7.0-7.1.2: Android Nougat
  15. Android 8.0: Android Oreo
(Source: Liputan6)

Demikianlah nama-nama dari versi android dari awal sampai sekarang. semoga temen-temen semua mengerti dan dapat pengetahuan baru dari artikel ini. jangan lupa share keteman-teman anda lainnya supaya mereka juga tau. terimakasih.

0 Response to "Alasan Penamaan Cemilan Pada Sistem Operasi Android"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel