Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML

Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML

A. Pengertian HTML
HTML atau yang merupakan singkatan dari Hypertext Mark Up Language adalah bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website yang bisa diakses dengan internet. Dengan kata lain halaman website yang kita lihat dan kita baca disusun dengan menggunakan bahasa ini dan kemudian diterjemahkan oleh komputer agar dapat dipahami oleh penggunanya. Html merupakan standar pembuatan website secara luas agar laman website dapat ditampilkan pada layar komputer.

Baca Juga : Cara Mengatur Size, Color dan Style Huruf (Font) di HTML

Html disusun dengan kode dan simbol tertentu yang dimasukkan ke dalam sebuah file atau dokumen. Jadi setiap Anda membuka website apapun dengan menggunakan browser maka web tersebut dibuat dengan menggunakan html.

B. Fungsi HTML
Html yang dikenal sebagai bahasa pemrograman dalam ilmu komputer memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi utama html yang diketahui adalah untuk membuat suatu halaman website yang bisa dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah. Seluruh laman website yang ada dalam internet dibuat dengan html dan tidak ada pengecualian.
  2. Menandai teks pada suatu laman, html ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu dimana simbol dan tag tersebut akan menandai teks menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan lain sebagainya. Misal jika kita membuat suatu teks menjadi teks miring atau italic, dalam laman html dituliskan kode <i>, <b> untuk teks tebal dan <u> untuk teks bergaris bawah.
  3. Sebagai dasar website, website yang dibuat tentunya memiliki beberapa fitur yang dibuat dengan menggunakan java script (untuk mengatur perilaku web), implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesain web menggunakan CSS. Semua bahasa tersebut dapat diaplikasikan jika web memiliki bahasa html sebagai dasarnya.
  4. Menampilkan tabel, gambar, video, dan lainnya. Biasanya dalam website atau blog kita tidak bisa langsung meletakkan tabel, gambar maupun video oleh sebab itu komponen tersebut diletakkan pada web dengan menggunakan bahasa html.
  5. Menandai elemen dan membuat online form, html juga berfungsi untuk menandai bagian-bagian dalam website diantaranya header, main, footer, navigation dan lain sebagainya. Selain itu html juga biasanya digunakan sebagai bahasa dalam membuat suatu online form atau formulir digital.

C. Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML
Karakter huruf/ font merupakan model penulisan huruf yang didasarkan atas tulisan tebal <b>, miring <i> dan bergaris bawah <u>. Biasanya karakter font ini digunakan pada saat tertentu atau dapat digunakan tag <big> untuk karakter tulisan lebih besar dan <em> untuk karakter teks yang dimiringkan. Untuk lebih jelasnya ketikkan kode berikut, kemudian simpan dengan nama karakter_tulisan.html. Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML



Baca Juga:

Berikut adalah tampilan dalam Text Editor SublimeText3:

Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML

Dan ini adalah hasil dari kode karakter_tulisan.html:

Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML

Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti bagaimana cara mengatur tulisan di HTML? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mengatur Karakter Huruf di HTML"

loading...
loading...
loading...