Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Georg Simon Ohm Penemu Hukum Ohm

Georg Simon Ohm – Lahir pada tanggal 16 maret 1789 di Erlangen Jerman dan Meninggal pada tanggal 6 Juli 1854 (Usia 65 tahun) di Munich Jerman.  Adalah seorang fisikawan berkebangsaan Jerman yang banyak sekali mengemukakan teori di bidang elektrisitas. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah teori tentang hubungan antara arus listrik, tegangan, dan hambatan (resistensi) konduktor di dalam rangkaian sirkuit, yang dikenal dengan Hukum Ohm (Ohm’s law).


A. Biografi Georg Simon Ohm

Georg ohm lahir dari pasangan Johan Wolfgang Ohm (seorang tukang kunci) dan Maria Elizabeth Beck (seorang penjahit). Meskipun ayahnya hanya seorang tukang kunci, tapi dia mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai ke perguruan tinggi.

Georg Simon Ohm
Georg Simon Ohm Penemu Hukum Ohm
Lahir 16 Maret 1789 Erlangen, Jerman
Meninggal 6 Juli 1854 (umur 65) Munich, Jerman
Tempat tinggal Jerman
Kebangsaan Jerman
Almamater Universitas Erlangen
Dikenal atas Hukum Ohm,
Hukum fase Ohm,
Hukum akustik Ohm
Penghargaan Copley Medal (1841) Karier ilmiah
Bidang Fisika
Institusi Universitas Munich
Pembimbing doktoral Karl Christian von Langsdorf

Georg ohm sebenarnya memiliki 7 saudara lain, akan tetapi hanya 3 orang yang bisa melewati masa kecilnya, yakni Georg Ohm, Martin (Matematikawan terkenal), dan Elizabeth Barbara.

Di tahun 1805, ohm masuk kuliah ke Universitas Erlangen namun di semester ketiga dia berhenti. Kemudian dia memutuskan pergi mengajar matematika di sekolah Gottstadt bei Nydaud – Swiss. Lalu pada tahun 1809, ohm kembali meninggalkan sekolah tersebut untuk menjadi guru privat di Neuchatel.

Setelah mendapat nasihat dari Karl Christian von Langsdorf, akhirnya Ohm kembali melanjutkan kuliahnya di bidang matematika dan kembali ke Universirtas Erlangen pada tahun April 1811.

25 Oktober 1811 dia menyelesaikan kuliahnya dan memperoleh gelar doktor di bidang matematika dar Erlangen dan bergabung sebagai staff dosen matematika.

Melihat dan menyadari bahwa pekerjaan sebagai dosen tidak memiliki prospek yang bagus dan uang yang didapat sedikit, ohm akhirnya meninggalkan pekerjaan tersebut dan menerima tawaran pemerintah Bavaria. Dia di tawarkan untuk mengajar sebagai guru matematika dan fisika di sekolah berkualitas rendah di Bamberg dan diterima pada januari 1813.

Selain itu, ohm juga bekerja sebagai penulis buku sekolah dasar tentang Geometri, akan tetapi dia marasa tidak bahagia dengan pekerjaannya saat itu. Pada bulan februari 1816, sekolah tempatnya mengajar ditutup dan pemerintah Bavaria mengirimnya ke sekolah yang penuh sesak di Bamberg untuk mengajar matematika.

Tanggal 11 september 1817, Ohm menerima tawaran untuk mengajar matematika dan fisika di Gimnasium Jesuit Cologne. Di tempat ini dia mulai melakukan berbagai macam eksperimen sampai kepindahannya ke Berlin pada maret 1828 kerena antusiasme terhadap karyanya kurang baik.

Di tahun 1833, Ohm memperoleh pekerjaan dan gelar profesor dari salah satu universitas di Nuremberg. Walaupun begitu, universitas itu bukanlah yang ia cita-citakan. Penghargaan dan pengakuan masyarakat terhadap karya-karyanya lambat dia terima dan untuk mendapatkannya, dia harus bersusah payah dan membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini mungkin terjadi akibat hubungannya yang tidak terlalu baik dengan beberapa tokoh berkuasa seperti, Johanes Schultz (tokoh berpengaruh dalam departemen pendidikan di Berlin), dan Georh Friedrich Pohl (professor fisika di kota tersebut).

Dia mendapatkan penghargaan Medali Copley dari Royal Society pada tahun 1841 dan setahun kemudian dia menjadi anggota Royal Society. Saat itu juga, Akademi Berlin dan Turin memilih Ohm sebagai anggota dan pada tahun 1845, ia sepenuhnya menjadi anggota Akademi Bavaria.

Di tahun 1849, ia mengambil jabatan sebagai kurator Akademi Bavaria dan mulai mengajar di Universitas Munich. Dua tahun sebelum dia meninggal, dia berhasil meraih ambisinya menjadi ketua bidang studi fisika di Universitas Munich.

B. Karya-Karya dan Penemuan Georg Ohm


1.Naskah Ilmiah Tentang Pemeriksaan Penurunan Gaya Elektromagnetik

Ini adalah naskah ilmiah pertama yang ia publikasikan berisi tentang pemeriksaan penurunan gaya elektromagnetik yang dihasilkan oleh suatu kawat yang diperpanjang ukurannya. Naskah ilmiah itu membahas tentang hubungan matematis yang murni berdasarkan pada eksperimen yang dilakukannya.

2. Konduksi Model Sirkuit

Di tahun berikutnya pada 1826, Ohm kembali mempublikasikan kedua naskah ilmiah yang memberikan gambaran tentang konduksi model sirkuit yang diambil dari studi Fourier tantang konduksi panas. Pada naskah ilmiah ini juga dia mengajukan suatu teori untuk menerangkan tentang elektristatis galvanik.

3. Hukum Ohm (Ohm’s Law)

Kedua naskah diatas juga sebagai langkah awal dari teori komprehensif yang berperan untuk mendukung penerbitan bukunya yang terkenal yang berisi tentang Hukum Ohm. Saat itu sel elektrokimia baru saja ditemukan oleh Alessandro Volta, ohm menggunakannya untuk eksperimen sehingga menghasilkan Hukum Ohm.

Dibantu dengan peralatan yang ia buat sendiri, ohm mengatakan bahwa arus listrik yang mengalir melalui kawat sebanding dengan luas penampang dan berbanding terbalik dengan panjang kawat tersebut.

Hukum Ohm ini dia tulis kedalam sebuah buku yang berjudul Die Galvanische Kette, mathematisch bearbeitet (1827).

Demikianlah biografi georg simon Ohm sang penemu hukum ohm. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan menambah wawasan kita soal tokoh-tokoh fisika. Kamu juga bisa mencoba mengerjakan contoh soal hukum ohm ini biar makin paham.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Georg_Ohm

Post a Comment for "Georg Simon Ohm Penemu Hukum Ohm"

loading...
loading...
loading...