Iklan diatas header

Loading...

Tutorial Cara Instal Plugin (Package Control) Pada Sublime Text Dan Cara Menggunakannya Lengkap.

Cara Instal Plugin (Package Control) Pada Sublime Text Dan Cara Menggunakannya.Hallo sobat bacacoding..bagi kalian yang sudah menggunakan sublime text sebagai alat tempur untuk coding, ada baiknya kalian optimalkan terlebih dahulu senjata tempur tersebut dengan menginstall package yang ada untuk meningkatkan produktivitas codingan dan kecepatan serta efisiensi waktu dalam codingan.

Baca Juga : Cara Membuat Database Kependudukan

A. Pengertian Sublime Text
Sublime Text adalah sebuah software aplikasi/editor text untuk bahas pemrograman termasuk pemrograman PHP,sublime text mendukung banyak bahasa pemrogrman dan bahasa markup serta fungsinya dapat ditambah dengan plugin.

Sublime Text memiliki banyak kelebihan diantaranya:
1.Multiple Selection
mempunyai fungsi untuk melakukan perubahan pada sebuah kode dalam waktu yang sama dan  dalam baris yang berbeda.
2.Command Pallete
mempunyai fungsi yang berguna untuk mengakses file shortcut dengan mudah,untuk mencari file  tersebut dengan menekan CTRL+SHIFT+P
3.Distraction free mode
fitur ini sangat dibutuhkan oleh pengguna yang sedang fokus dalam pekerjaan,yaitu dapat merubah  tampilan layar menjadi penuh dengan menekan SHIFT+F11
4.Find in project
kita dapat mencari dan memiih file dalam project dengan mudah,dengan menekan SHIFT+P
5.Multi platform
Sublime Text sudah tersedia dalam berbagai platform sistem operasi seperti windows,linux,mac os

B. Pengertian Package Control
Package control adalah suatu tools pada sublime text yang memungkinkan kita untuk menginstall package (sejenis plugin). Package yang diinstall bisa bermacam-macam dari mulai syntax highlighter, snippet, color piker dan lain-lain. Untuk menginstall package controll ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Pastikan anda sudah terkoneksi internet karena cara ini menggunakan koneksi internet.

1. Kunjungi link berikut http://wbond.net/sublime_packages/package_control/installation kemudian copy (CTRL+C) perintah yang ada pada halaman tersebut. Anda bisa memilih apakah akan install package untuk sublime text 2 atau 3.

SUBLIME TEXT 2 :
import urllib2,os,hashlib; h = '2915d1851351e5ee549c20394736b442' + '8bc59f460fa1548d1514676163dafc88'; pf = 'Package Control.sublime-package'; ipp = sublime.installed_packages_path(); os.makedirs( ipp ) if not os.path.exists(ipp) else None; urllib2.install_opener( urllib2.build_opener( urllib2.ProxyHandler()) ); by = urllib2.urlopen( 'http://packagecontrol.io/' + pf.replace(' ', '%20')).read(); dh = hashlib.sha256(by).hexdigest(); open( os.path.join( ipp, pf), 'wb' ).write(by) if dh == h else None; print('Error validating download (got %s instead of %s), please try manual install' % (dh, h) if dh != h else 'Please restart Sublime Text to finish installation')
SUBLIME TEXT 3 :
import urllib.request,os,hashlib; h = '2915d1851351e5ee549c20394736b442' + '8bc59f460fa1548d1514676163dafc88'; pf = 'Package Control.sublime-package'; ipp = sublime.installed_packages_path(); urllib.request.install_opener( urllib.request.build_opener( urllib.request.ProxyHandler()) ); by = urllib.request.urlopen( 'http://packagecontrol.io/' + pf.replace(' ', '%20')).read(); dh = hashlib.sha256(by).hexdigest(); print('Error validating download (got %s instead of %s), please try manual install' % (dh, h)) if dh != h else open(os.path.join( ipp, pf), 'wb' ).write(by)
2. Setelah di copy, Buka console pada sublime text dengan menekan CTRL + ` atau dengan memilih menu view > show console

install plugin sublime text 2 atau 3

3. Kemudian PASTE kan script yang sudah anda copy di atas pada kotak yang ada pada console.

install plugin sublime text 2 atau 3

4. Tekan ENTER. Lalu restart aplikasi sublime text (tutup kemudian buka lagi).

Cara menggunakan

Untuk menggunakan package control tekan CTRL + SHIFT + P atau jika anda menggunakan mac tekan COMMAND + SHIFT + P . Kemudian, ketikan ‘package control’. Maka beberapa pilihan akan muncul:

install plugin sublime text 2 atau 3

Anda bisa memilih instal package untuk memilih package yang akan anda instal, misalnya jika anda ingin package ‘angularjs’ maka anda tinggal ketika ‘angularjs’ lalu tekan ENTER. Tunggu beberapa saat, maka package angularjs akan terinstal, namun pastikan anda terhubung ke internet untuk melakukan ini.

install plugin sublime text 2 atau 3

NOTE: AngularJS package adalah package pada sublime text untuk memudahkan dalam menulis program dengan framework angularjs.

Baca Juga: 40 Paket Sublime Text Mempermudah Developer dalam membangun Website

Nah itu dia tadi cara install package di sublime text. Masih banyak paket2 lainnya yang dimiliki sublime anda bisa install sesuai kebutuhan anda, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa share keteman-teman yang lain. Temen-Temen bisa Download Sublime Text disini: DOWNLOAD HERE

2 Responses to "Tutorial Cara Instal Plugin (Package Control) Pada Sublime Text Dan Cara Menggunakannya Lengkap."

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel