Iklan diatas header

Loading...

Badan Golgi: Pengertian, Gambar, Struktur dan Fungsi lengkap

Badan Golgi – disebut juga sebagai aparatus golgi, kompleks golgi atau diktiosom merupakan organel sel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. Struktur badan golgi dapat dilihat dengan bantuan mikroskop cahaya biasa. Organel ini bisa ditemukan hampir di semua sel eukariotik dan banyak terdapat pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi, seperti ginjal. Pada sel hewan terdapat 10-20 badan golgi, sedangkan pada sel tumbuhan terdapat hingga ratusan badan golgi (diktiosom). Agar lebih jelas, dibawah ini kami sertakan gambar badan golgi.

Badan Golgi: Pengertian, Gambar, Struktur dan Fungsi lengkap
Keterangan: Mikrograf badan Golgi, terlihat sebagai tumpukan cincin setengah lingkaran berwarna hitam di bagian bawah gambar. Sejumlah vesikel bulat terlihat di sekitar organel ini.



Badan golgi pertama kali ditemukan oleh seorang ahli histologi dan pantologi dari Italia yang bernama Camillo Golgi, namanya digunakan sebagai nama organel sel itu sendiri. Badan golgi menjadi organel terbesar dalam sitoplasma.

Bentuk badan golgi seperti kantung pipih bertumpuk yang tersusun dari besar hingga kecil, panjangnya sekitar 1-3 mikrometer dan lebar 0,5 mikrometer serta terikat dengan membran.

A. Struktur Badan Golgi


Struktur Badan Golgi

Badan golgi tersusun atas berkas kantung berbentuk cakram yang bercabang menjadi serangkaian pembuluh yang sangat kecil di ujungnya. Karena keterkaitannya dengan fungsi pengeluaran sel sangat erat, maka pembuluh mengumpulkan dan membungkus karbohidrat serta zat-zat lain untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh ini juga berperan dalam menyumbang bahan bagi pembentukan dinding sel.

Badan golgi dibuat dari membran yang berbentuk tubulus dan juga vesikula. Dari tubulus dilepaskan kantung-kantung kecil yang berisi bahan-bahan yang diperlukan seperti enzim-enzim pembentukan dinding sel.

Badan golgi adalah bagian sel yang memiliki kemiripan dengan retikulum endoplasma. Hanya saja, badan golgi tersusun atas berlapis-lapis ruangan yang ditutupi oleh membran.

Badan golgi memiliki 2 bagian, yakni bagian cis dan bagian trans:

  1. Bagian cis berfungsi menerima vesikel-vesikel yang berasal dari Retikulum Endoplasma kasar. Vesikel ini kemudian diserap ke ruangan-ruangan yang ada di dalam badan golgi dan isi dari vesikel itu akan diproses sedemikian rupa untuk penyempurnaan dan lain sebagainya. Vesikel itu akan bergerak dari bagian cis menuju bagian trans.
  2. Bagian transport, merupakan tempat dimana ruangan-ruangan tadi akan memecahkan dirinya dan membentuk vesikel, dan siap untuk disalurkan ke bagian-bagian sel yang lain atau keluar sel.


B. Fungsi Badan Golgi

Badan golgi merupakan organel yang berperan dalam memodifikasi, menyortir, dan mengemas makromolekul yang akan disekresi oleh sel atau yang akan di gunakan di dalam sel. Tak hanya itu, badan golgi juga memodifikasi protein yang dikeluarkan oleh retikulum endoplasma kasar.

Fungsi Badan Golgi
Skema transpor di dalam badan Golgi. 1. Vesikel retikulum endoplasma, 2. Vesikel eksositosis, 3. Sisterna, 4. Membran sel, 5. Vesikel sekresi.

Badan golgi ikut terlibat dalam pengangkutan lipid di sel dan pembuatan lisosom. Fungsi organel ini mirip seperti kantor pos, yaitu memaketkan dan melabel item dan kemudian mengirimnya ke organel sel lainnya. Berikut ini adalah fungsi utama dari badan golgi, yaitu:

  1. Sebagai pembentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. Terutama terjadi pada sel-sel kelenjer kantung kecil tersebut, berisi enzim dan bahan-bahan lain.
  2. Membentuk kantung sekresi sebagai pembungkus zat yang akan dikeluarkan oleh sel, seperti protein, glikoprotein, karbohidrat, dan lemak.
  3. Membentuk membran plasma. Kantung atau membran golgi sama seperti membran plasma, kantung yang dilepaskan dapat berubah menjadi bagian dari membran plasma.
  4. Sebagai wadah sintesis polisakarida, seperti mukus, selulosa, hemiselulosa, dan pektin untuk pembentuk dinding sel tumbuhan.
  5. Membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur.
  6. Sebagai penyaring dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel.
  7. Wadah memodifikasi protein.
  8. Untuk membentuk lisosom.
  9. Sebagai transpor lipid.

C. Jenis-jenis Vesikel pada Badan Golgi

Di dalam badan golgi terdapat beberapa jenis coated vesicle, antara lain:
  • Clathrin-coated, merupakan variasi pertama yang ditemukan dan diteliti. Jenis ini tersusun atas klathrin dan adaptin. Interaksi lateral antara adaptin dengan kalthrin membentuk formasi tunas. Bila tunas klathrin telah tumbuh, protein yang larut dalam sitoplasma termasuk dynamin akan membentuk cincin di setiap leher tunas dan memutuskannya.
  • COPI-coated, berperan memaket tunas dari bagian pre-golgi dan antar cisternae. Beberapa diantara protein COPI-coat menunjukkan urutan yang serupa dengan adaptin, dapat diduga berasal dari evolusi yang bermiripan.
  • COPII-coated, berperan memaket tunas dari retikulum endoplasma.


D. Protein Pada Badan Golgi

Terdapat dua protein di dalam badan golgi, yaitu:

  1. Protein SNARE, V-snare menuju T-snare dan akan bergabung. T-snare merupakan protein yang ada di target, sedangkan V-snare merupakan vesikel snare. V-snare akan mencari T-snare, kemudian akan berfusi menjadi satu. 
  2. Protein rab, masuk kedalam golongan GTP-ase. Protein ini memudahkan dan mengatur kecepatan pelayaran vesikel dan pemasangan v-sanre dan t-snare yang dibutuhkan pada penggabungan membran.


E. Enzim pada Badan Golgi

Para ahli melakukan penelitian untuk menemukan enzim penanda pada badan golgi, caranya dengan melihat aktivitas enzim pada organel lain dan membandingkan aktivitas apparatus golgi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa glikosiltransferase merupakan enzim penanda pada badan golgi.

Selain itu, komposisi lipid pada badan golgi juga berbeda dibanding dengan organel sel lainnya. Dimana komposisi lipid atau lemak pada badan golgi bersifat intermediate. Itu artinya badan golgi adalah transisi diantara dua organel lain, yakni retikulum endoplasma dan membran plasma.

Berikut ini adalah enzim yang ditemukan pada badan golgi:

  1. Glikosiltransferase, berperan sebagai katalisator transfer glukosa dari carier UDP ke protein
  2. Sulfo dan gliosiltransferase, berfungsi sebagai biosintesis glikolipida
  3. Transferase, berfungsi membantu sintesis fosfolisida
  4. Oksidoreduktase
  5. Fosfatase
  6. Kenase
  7. Mamnosidase
  8. Fosfolifase

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, gambar, struktur dan fungsi badan golgi secara lengkap. Apabila terdapat kesalahan dalam hal penulisan atau penjelasan, tolong beri tahu kami agar segera kami perbaiki. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu tugas kamu. Terimakasih sudah berkunjung.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Golgi
https://hedisasrawan.blogspot.com/2013/10/badan-golgi-artikel-lengkap.html

0 Response to "Badan Golgi: Pengertian, Gambar, Struktur dan Fungsi lengkap"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...