Cara Mempercepat Windows 10 dengan Regedit 100% Mudah

Cara Mempercepat Windows 10 dengan Regedit 100% Mudah

Cara mempercepat windows 10 dengan regedit merupakan salah satu dari 11 cara mempercepat windows 10 yang lemot pada laptop dan PC. Tutorial ini dipisah karena prosesnya yang cukup rumit dan sedikit beresiko. Regedit merupakan sebuah system yang berfungsi menampilkan, merubah, menghapus, mengimport, dan mengeksport registry key dalam sistem operasi windows.

Sedangkan registry merupakan sekumpulan database yang menyimpan nilai (value) dari pengaturan sistem operasi windows. Dengan merubah nilai atau value pada registry dapat mengoptimalkan kecepatan dan performa windows 10.

Cara Mempercepat Windows 10 dengan Regedit 100% Mudah

Melakukan tweak mempercepat windows 10 dengan regedit bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka windows explorer dan buatlah file Text Document baru > beri nama Optimasi.reg pastikan bahwa formatnya sudah dirubah dari .txt menjadi .reg
Cara Mempercepat Windows 10 dengan Regedit
  • Kemudian klik kanan file tadi > lalu pilih Edit
Cara Mempercepat Windows 10 dengan Regedit
  • Selanjutnya, Copy baris kode dibawah ini
  • Pastekan ke dalam file Optimasi.reg > lalu save file
  • Kemudian jalankan file tersebut dengan cara double klik, Tekan YES jika muncul peringatan.
  • Restart komputer atau laptop kamu dan rasakan perubahannya.


Untuk mengembalikan registry ke dalam kondisi awal, kamu bisa menjalankan script dibawah ini. cara menjalankannya sama dengan cara membuat file regedit diatas.

Penjelasan Fungsi Baris Kode Untuk Mempercepat Windows 10 dengan Regedit 

Setiap baris kode yang tertulis diatas pastinya memiliki fungsi masing-masing. berikut penjelasan baris kode regedit secara ringkas.

AutoEndTasks & WaitToKillServiceTimeout

Baris kode ini berfungsi untuk mempercepat proses shutdown windows 10. Dengan script tersebut, pengaturan default akan diubah sehingga windows secara otomatis akan mematikan user services pada saat pengguna keluar dari windows atau mematikan PC.

Lihat Pula: Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Sementara dan Permanen

Dengan begitu, apabila terdapat program yang belum mati secara sempurna pada saat anda men-shutdown PC. Tidak akan ada tampilan seperti ini yang muncul, windows akan mematikan paksa seluruh program tersebut.

HungAppTimeout & LowLevelHooksTimeout

Baris kode ini berfungsi untuk mempercepat EndTask windows 10. EndTask merupakan proses mematikan paksa program yang berjalan melalui Task Manager. Ketika ada program yang not responding, maka pengaturan ini akan membuat proses end task semakin cepat.

MenuShowDelay

Baris kode ini berfungsi untuk mempercepat tampilan Menu pada windows. Seperti yang kamu ketahui bahwa windows 10 memeiliki menu yang cukup besar, dan ini sedikit terasa berat ketika dibuka. Maka baris kode ini akan memembuat kinerja menu windows 10 makin cepat.

Lihat Pula: 4 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 (Safe Boot)

WaitToKillAppTimeout

Baris kode ini berfungsi untuk mempercepat proses shutdown windows 10. Fungsinya hampir sama dengan AutoEndTask.

MouseHoverTime

Baris kode ini berfungsi untuk mempercepat deskripsi item. Deskripsi item merupakan deskripsi yang muncul pada saat kamu mengarahkan pointer mouse pada file, folder dan item lain di windows. Dengan pengaturan ini dapat mempercepat munculnya deskripsi item.

NoLowDiskSpaceChecks

Kode baris ini berfungsi untuk mematikan notifikasi kekurangan ruang kosong pada HDD. Pada saat harddisk penuh, akan muncul peringatan atau notifikasi low disk space. Dengan mengaktifkan pengaturan ini pada registry, maka peringatan tersebut tidak akan tampil.

LinkResolveIgnoreLinkInfo & NoResolveSearch

Baris kode ini berfungsi untuk mempercepat pencarian program. Pada saat membuka shortcut program, namun program tersebut sudah dihapus maka windows akan memverifikasi program tersebut. Proses verifikasi ini akan memakan waktu cukup lama. Baris kode inilah yang akan mematikan fitur tersebut, dan membuat sistem operasi windows 10 menjadi lebih cepat dan ringan.

NoInternetOpenWith

Baris kode ini berfungsi untuk mematikan pilihan search on internet pada saat membuka file. Pada saat membuka file dengan ekstensi tertentu, kita bisa menggunakan pilihan Open With untuk menampilkan seluruh program yang mendukung ekstensi file tersebut.
Supaya lebih cepat, pengaturan regedit diatas dapat mematikan pilihan search on Internet.

Demikianlah tutorial cara mempercepat windows 10 dengan regedit 100% mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membuat laptop atau PC kamu menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

0 Response to "Cara Mempercepat Windows 10 dengan Regedit 100% Mudah"

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel